UIM Wisuda 539 Orang Periode II, Prokes Ketat Diberlakukan, Ini Buktinya

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Wisuda sarjana, profesi, dan pasca sarjana Universitas Islam Makassar (UIM) yang digelar, di Hotel Dalton Makassar, Senin (21/12/2020), berbeda dibandingkan prosesi sebelum-sebelumnya.

Hal itu dikarenakan dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, penyelenggara mendapat perhatian khusus, sebab saat ini peningkatan positif Covid-19 sangat tinggi.

Demikian arahan Rektor Univeritas Islam Makassar DR Ir Hj Majdah M Zain saat mengawali sambutan di hadapan 539 wisuda sarjana, profesi, dan pasca sarjana Universitas Islam Makassar.

Rektor Majdah berpesan agar wisuda tatap muka langsung pertama di lakukan saat pandemi Covid-19 perlu dipersiapkan secara matang, jangan sampai ada klaster baru saat selesai wisuda.

Untuk itu, Majdah meminta semua peserta wisuda sarjana dan panitia wisuda wajib melakukan rapid test dibuktikan surat kesehatan non reaktif, saat masuk diukur suhu tubuh. Lalu, peserta wisuda wajib pakai masker, menghilangkan foto both wisuda , kapasitas ruangan 2.000 orang hanya diisi 650 orang dengan jarak 1,5 meter setiap peserta wisuda.

Tidak sampai disitu saja, juga meniadakan kontak fisik salam saat sarjana , profesi dan pasca sarjana diwisuda , serta disiapkan handsanitizer dua hingga tiga kali mulai saat masuk area hotel hingga masuk lokasi wisuda.

"Pengetatan ini dilakukan sebagai bentuk Universitas Islam Makassar memerangi Covid-19, namun selain itu ada wisuda on line agar proses wisuda tetap jalan," tutur Majdah.

Dalam sambutan, Majdah menyampaikan, "Alhamdulillah UIM dinilai oleh LLDIKTI 9 terbaik untuk 3 kategori sekaligus. Tentunya ini hasil kerja keras dan peran semua unsur dan civitas akademika UIM. Dan akan menjadi penyemangat agar UIM semakin lebih baik ke depan," ujar Majdah.

Tiga penghargaan LLDIKTI 9 Award yang diraih UIM yakni kategori perguruan tinggi swasta dengan peningkatan kinerja tertinggi kategori univeritas, nominasi perguruan tinggi swasta dengan persentase capaian sertifikasi pendidik tertinggi kategori universitas, dan ketiga kategori perguruan tinggi swasta dengan kinerja terbaik se-Sulsel.

Dalam wisuda periode II ini Rektor UIM Dr Ir Hj A Majdah M Zain MSi, Didampingi Jajaran Wakil Rektor, Kepala Biro, Kepala Kabag dan dihadiri Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Al Gazali Makassar Hj Fatimah Kalla.

Majdah mengatakan, tidak lama lagi UIM akan berusaha semaksimal mungkin agar pembangunan gedung rektorat, perpustakaan, aula dan masjid UIM bisa segera diselesaikan dengan konsep nyaman serasa di mal.

Saat ini, pembangunan New Building UIM sedang dalam tahap finishing dan penataan pelataran halaman, pekerjaan konstruksi sudah selesai tinggal pekerjaan kecil. Progres sudah 98 persen dan diperkirakan selesai sepenuhnya pada akhir Desember 2020 nanti.

Majdah berharap sarjana UIM bisa menjadi bahagian pembangunan Indonesia dan berharap Universitas Islam Makassar bukan hanya mengandalkan Gedung baru kampus, UIM saat ini tampakan luarnya sudah hampir selesai namun sumber daya manusia baik dosen atau mahasiswa bisa bersaing di level nasional dan internasional.

Lanjut Ketua Muslimat NU sulsel ini, masyarakat kota Makassar yang melewati Jl Perintis Kemerdekaan sudah bisa menikmati penampilan full instragramable dari smart kampus UIM.

Ketua LLDIKTI wilayah IX, Prof Dr Jasruddin Mahandre, M.Pd memberi apresiasi kepada wisuda sarjana , profesi dan pascasarjana UIM dalam sambutan secara virtual karena bertepatan ada di Gorontalo dan penghargaan untuk Rektor UIM Hj Majdah bersama jajaran UIM. (ril)