Pandemi Covid-19, PAD Wisata Bahari Bulukumba Capai Target 145 Persen

BONEPOS.COM, BULUKUMBA - Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Kabupaten Bulukumba, Ali Saleng mengakui, capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor Wisata Bahari tahun 2020 melampaui target.

Dari target PAD Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bulukumab, sebanyak Rp2,5 miliar. Namun Dinas Pariwisata (Dispar) mampu melaju naik hingga menembus angka Rp3,7 miliar di akhir tahun.

"Capaian kita tahun ini 145 persen dari target PAD yang ditetapkan di APBD," ucapnya kepada Boneposcom saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (4/1/2021).

Untuk estimasi pengunjung wisata di Pantai Bira, mengalami penurunan. Imbas pandemi Covid-19. Target estimasi pengunjung liburan akhir tahun 5 ribu. Realisasi hanya dicapai sebanyak 4.700 pengunjung.

"Meski begitu, tetap melebihi target dari APBD. Itu karena ada perbaikan yang sudah kita lakukan termasuk karcis elektrik dan asuransi pengunjung," sambungnya.

Kata dia lagi, keberhasilan pencapaian target PAD tahun 2020 juga tidak terlepas dari konsistensi Dispar dalam mengawal dan memperketat pematuhan protokoler kesehatan Covid-19 di sepanjang wisata Pantai Bira. Sehingga tingkat kepercayaan pengujung semakin meningkat.

"Kami memperketat protokol kesehatan dengan penerapan 3 M. Bersama aparat kepolisian, TNI, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan selama libur akhir tahun," jelasnya.

Menurut data yang dibeberkan, di satu bulan sebelum pergantian akhir tahun, tepatnya November 2020, pelaku usaha penginapan memang mengaku full booking.

Namun, saat dua Minggu sebelum akhir tahun banyak yang mengajukan pembatalan. Hal itu dipengaruhi karena angka pasien Covid-19 di Bulukumba yang meningkat di akhir tahun 2020.

Jika dibandingkan dua tahun terakhir, di 2018 jumlah pengunjung di kawasan pantai Bira menembus angka 17 ribu di libur akhir tahun. Lebih buruknya di tahun 2019, yang mengalami penurunan angka pengunjung yang sangat rendah.

Hal itu disebabkan karena sepanjang 2019 banyak bencana alam yang terjadi di beberapa daerah yang berdampak kepada wisata sektor bahari khususnya di Bulukumba.

Sedangkan untuk 2021, Ali Saleng menjelaskan, target PAD yang sudah ditetapkan di APBD sebesar Rp5,5 miliar. (kia/ril)