Demi Dapatkan PIP, Ortu dan Murid Duduk di Lantai Bank BRI

FOTO: Suasana antre untuk dapatkan bantuan PIP di Bank BRI.

BONEPOS.COM, BONE - Sebanyak 11.475 peserta didik jenjang sekolah dasar (SD) di Kabupaten Bone kembali menerima bantuan dana Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kemendikbud.

Butuh perjuangan tidak instan mendapatkan bantuan ini. Orang tua (ortu) dan murid terpaksa mengantre dan duduk melantai di Bank BRI.

Staf bidang SD Dinas Pendidikan Kabupaten Bone sekaligus pengelola PIP, Jumardi mengatakan, jumlah yang diterima setiap murid sebanyak Rp225.000 per orang untuk kelas I dan kelas II hingga VI Rp450.000.

Menurutnya, data penerima PIP ini berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) masing-masing sekolah.

Untuk tahap 8 jumlah penerima PIP sebanyak 9.153 murid, tahap 13 sebanyak 1.843 murid, tahap 14 jumlah 441 murid dan tahap 15 berjumlah 38 murid.

"Penerima PIP itu masih data di tahun 2020 dan sudah mulai dicairkan di BRI terdekat di setiap kecamatan," kata Jumardi.

Jumardi menjelaskan, penerima dana PIP ini diperuntukkan bagi murid sekolah dasar (SD) yang dikelola langsung oleh Kemendikbud RI secara transparan.

"Program Indonesia Pintar (PIP) itu langsung dikelola Kemendikbud RI melalui dana APBN yang datanya berdasarkan Dapodik sekolah," ujar Jumardi.

Adapun peserta didik penerima dana tersebut dipersyaratkan memilki kartu PIP, surat keterangan tidak mampu dan anak didampingi oleh orang tua pada saat pengambilan uang di bank.

Salah satu orang tua murid Kasmawati berujar, bantuan ini diterima setiap tahun untuk membantu kebutuhan sekolah.

"Kita sangat bersyukur karena bisa meringankan beban orang tua murid terutama untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan sekolah anak," ungkapnya. (sug/ril)