Operasional Vaksin Covid-19 ‘Sedot’ APBD Rp20 Miliar di Sinjai

BONEPOS.COM, SINJAI - Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai melaksanakan berbagai persiapan dalam mengoptimalkan pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat.

Menyikapi rencana pemerintah pusat, Pemerintah Kabupaten Sinjai menyiapkan anggaran biaya untuk operasional program vaksinasi Covid-19 sebesar Rp20 miliar.

Sekda Sinjai, Akbar Mukmin mengatakan, vaksin Covid-19 ini memang gratis buat masyarakat.

Namun, pemerintah daerah harus menyiapkan anggaran untuk kegiatan operasional program vaksinasi dan disiapkan sebesar Rp20 miliar.

"Anggaran ini diambil dari Belanja Tidak Terduga (BTT) pada APBD Tahun 2021," ungkap Akbar saat mengadiri kegiatan di KPU Sinjai, Jumat (8/1/2021).

Akbar menjelaskan, pengalokasian dana tersebut sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang pengadaan dan pelaksanaan vaksin Covid-19 dalam rangka percepatan penanggulangan pandemi Covid-19.

Rencananya, 13 Januari mendatang pencanangan vaksin pertama akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, kemudian untuk tingkat daerah dilakukan kepada jajaran kepala daerah yang dilanjutkan dengan tenaga kesehatan.

Diketahui, khusus di Kabupaten Sinjai, jatah vaksin Covid-19 sebanyak 1.841 dosis yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, baik yang bertugas di Puskesmas maupun di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sinjai dan juga tentunya kepala daerah. (fan/ril)