Dijanji Rp25 Miliar dari Gubernur NA dan Angin Segar Bendungan Sungai Lamole

BONEPOS.COM, SINJAI - Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) terjun meninjau lokasi rencana pembangunan bendungan Sungai Lamole, Dusun Barang Dua, Desa Lamatti Riattang, Kecamatan Buluppodo, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Rabu (13/1/2021).

Peninjauan lokasi rencana pembangunan bendungan Sungai Lamole, Bupati ASA turut didampingi Kadis PUPR Andi Taufiq, Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai Irwan Suaib, Camat Bulupoddo Haji Sofwan Sabirin, serta Kepala Desa Lamatti Riattang, Amiruddin.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai, merencanakan membangun bendungan di Kecamatan Bulupodo tersebut di tahun 2021 ini.

Bupati ASA mengatakan,
bendungan Sungai Lamole yang akan dibangun ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas penampungan air, sehingga kontinuitas suplai air ke sawah masyarakat terjaga.

Apalagi di wilayah tersebut, sawah para petani masih mengandalkan tadah hujan. Olehnya itu, rencana pembangunan tersebut tentu menjadi angin segar bagi masyarakat setempat.

"Dengan keberadaan bendungan Lamole nanti, tentunya akan lebih meningkatkan produksi pertanian karena sawah yang selama ini hanya panen sekali setahun akan bisa panen dua hingga tiga kali dalam setahun," bebernya.

Bendungan Lamole ini sangat penting dibangun karena dari segi pertanian akan mengaliri sekitar 200 hektare sawah. Tentu ini akan meningkatkan produktivitas petani dan ekonomi petani kita.

Bahkan, menurutnya bendungan Sungai Lamole ini nantinya tidak hanya memasok air untuk area persawahan. Namun, diproyeksikan mampu memasok air baku untuk kebutuhan masyarakat.

"Kalau air bersih sudah terpenuhi, tentu kita harapkan tingkat ekonomi masyarakat juga akan meningkat, demikian secara kesehatan juga meningkat karena adanya air bersih," jelasnya.

Disebutkan Bupati ASA, rencana pembangunan bendungan Sungai Lamole ini akan menggunakan dana bantuan dari provinsi. Kunjungan ini juga untuk menyampaikan pesan dan harapan dari Gubernur SulSel ke masyarakat Kecamatan Bulupoddo, jika rencana pembangunan bendungan ini nantinya dapat meningkatkan hasil produksi pertanian dan para petani lebih sejahtera.

"Kita sudah siap, tinggal menunggu surat dari Pemprov yang telah dijanjikan oleh Pak Gubernur, Februari mendatang. Kalau sudah ada, segera kita lakukan," tuturnya.

Sebagaimana yang telah disampaikan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah pada kunjungan kerjanya di Kabupaten Sinjai kemarin bahwa siap memberikan dukungan anggaran sebesar Rp25 miliar. (fan/ril)