Komunitas Bulukumba Peduli Bencana, Galang Dana di Pinggir Pantai

BONEPOS.COM, BULUKUMBA - Bencana gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar) membuat banyak pihak prihatin. Tak terkecuali Komunitas Bulukumba Peduli Bencana, yang menggalang dana di pinggir pantai.

Penggalangan dana yang dilakukan Komunitas Bulukumba Peduli Bencana ini mulai berlangsung hari ini, Minggu (17/1/2021) di Pasar Cekkeng, yang berada di pinggir pantai Merpati Bulukumba.

Selain galang dana berupa uang, komunitas Bulukumba Peduli Bencana juga menerima bantuan berupa pakaian layak pakai, bahan makanan, dan lain-lainnya yang diperlukan korban berdampak di lokasi bencana.

Salah seorang relawan, Zulkarnain Fatwa mengatakan jika aksi kemanusiaan ini akan berlangsung hingga tujuh hari ke depan.

Selain itu, pihaknya juga telah membuka poskon tanggap bencana, untuk menampung sumbangan-sumbangan yang diberikan oleh masyarakat sebelum disalurkan ke Sulawesi Barat.

"Iya, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk keperdulian terhadap korban gempa yang ada di Sulbar, kami juga telah membuka 2 posko untuk menerima bantuan dari masyarakat yang ingin menyumbangkan sembako, pakaian, dan dana," ungkapnya.

Naim sapaannya, bilang Posko yang disediakan beralamat di Jl Samratulangi (Kompleks BTN Bontokamase) Lorong 4 dan satu Posko di Nusa Bira Indah Cottage yang beralamat di Desa Bira Kecamatan Bontobahari.

Sedangkan untuk masyarakat yang ingin menyumbang dalam bentuk dana dapat ditransfer melalui rekening BRI atas nama Marwan Fhadeldengan nomor: 0111.01.00.1614.53.6 . Untuk mengonfirmasi transfer dapat menghubungi Fhadel di nomor 085299477299/Ihsan 081244363956.

"Alhamdulillah, dari aksi penggalangan dana hari ini di pasar Cekkeng telah terkumpul sebanyak Rp503.000, ada juga pakaian yang di antar langsung ke posko. Posko di Bira juga telah menerima bantuan dari beberapa pemilik penginapan berupa sembako dan akan terus menerima donasi dari berbagai pihak," ujar Naim.

Ia berharap dengan adanya penggalangan dana sumbangan masyarakat Bulukumba itu, bisa meringankan beban masyarakat Sulbar yang tertimpa musibah.

Dalam aksi kemanusiaan itu, turut hadir Penggiat Lingkungan dan Pariwisata Kabupaten Bulukumba, Imbang Perdana Sair.

Dia bilang, penggalangan dana yang di lakukan ini adalah bentuk keprihatinan kita semua terhadap korban bencana yang ada di Sulbar.

"Mudah-mudahan kami bisa mengumpulkan donasi sebanyak mungkin dari masyarakat Bulukumba, kami pun berharap dengan bantuan ini bisa sedikit meringankan beban saudara-saudara kita yang sedang ditimpa musibah bencana alam di Sulbar," terangnya.

Terakhir Imbang juga menyampaikan, jika akan melakukan koordinasi kepada semua elemen pemuda, organisasi, pemerintah daerah serta BNPB agar nantinya bisa melakukan koordinasi sebelum sumbangan yang telah didapatkan di bawa ke Sulbar. (kia/ril)