Kabar Gembira, Nelayan Sinjai ‘Hujan’ Bantuan

BONEPOS.COM, SINJAI - Masyarakat nelayan di Kabupaten Sinjai pada tahun ini dipastikan akan kembali menerima bantuan.

Pasalnya, pemerintah Kabupaten Sinjai kembali mengalokasikan bantuan perikanan.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Perikanan Sinjai, Mukhlis Isma mengatakan, bantuan yang kembali digulirkan untuk tahun ini adalah sebagai wujud komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan di daerah berjuluk Bumi Panrita Kitta.

"Tahun ini kita kembali mengalokasikan bantuan perikanan bagi masyarakat nelayan. Jumlahnya ada delapan perahu sampan fiber 5 Gross tonnage (GT)," sebut Mukhlis, Kamis (21/1/2021).

Pejabat Asisten I Setdakab Sinjai ini menambahkan, bantuan yang rencananya akan disalurkan pada tahun 2021 ini, mengalami peningakatan kapasitas dari 3 GT menjadi 5 GT.

"Bantuan yang setiap tahunnya yang disalurkan kepada nelayan ini merupakan komitmen Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) untuk mensejahterahkan nelayan," ujarnya.

"Jadi Ini merupakan program andalan Pemerintah Daerah di bawah kepemimpinan Pak Andi Seto," pungkasnya.

Mukhlis menyebutkan, bantuan perikanan dan budidaya tersebut telah berjalan dua tahun sejak dicanangkan pada akhir 2018 lalu. Untuk bantuan budidaya, yang telah diserahkan berupa 20 ribu benih ikan Lele, 57 ribu ekor ikan Nila, 6 ribu ikan Fatin, 10 ribu Nener, 60 ribu ikan Benur, pakan ikan 11 ton, pakan udang 1,3 ton, pupuk Urea dan SP 200 Kg serta pompa 2 unit.

"Untuk bantuan perikanan, diantaranya 30 unit fish finder (alat pelacak ikan), 50 buah lampu air garam, 20 unit alat navigasi, 20 unit Life jaket, sampan fiber 7, alat jaring tangkap 7 set. Bantuan ini bersumber dari APBN dan APBD Pemkab Sinjai tahun 2020," ungkapnya. (fan/ril)