Pelayanan Puskesmas Manipi Sinjai Ditutup, Ini Penyebabnya

BONEPOS.COM, SINJAI- Pelayanan Kesehatan UPTD Puskesmas Manipi, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, terpaksa ditutup karena puluhan petugas pelayanan kesehatan terkonfirmasi positif Covid-19.

"Pelayanan ditutup terhitung hari ini, 22 sampai 24 Januari 2021," kata Kepala UPTD Puskesmas Manipi dr. Vera Nopita Silalahi, Jumat (22/1/2021).

Vera menjelaskan, alasan penutupan pelayanan dikarenakan sebanyak 21 petugas kesehatan terkonfirmasi Positif covid-19 dari hasil kontak erat salah satu petugas yang pernah terkonfirmasi sebelumnya.

"Mulai hari ini semua pelayanan kita tutup kecuali Unit Gawat Darurat (UGD), sebab adanya 21 petugas kesehatan terkonfirmasi positif Covid-19," jelasnya.

Menurutnya, sejak ada petugas yang terkonfirmasi positif Covid-19, Minggu pertama 1 orang kemudian dilakukan swab kontak erat ada 6 petugas terkonfirmasi dan selanjutnya dilakukan swab semua petugas secara bertahap.

"Jadi kita lakukan swab secara bertahap, Minggu pertama 1 petugas, Minggu kedua ada 6 petugas yang Terkonfirmasi sedangkan untuk Minggu ketiga atau hari ini ada 14 petugas," sebutnya.

Petugas kesehatan Puskesmas Manipi yang positif Covid-19 sementara diisolasi di rumah dan hotel Sinjai. Sedangkan petugas yang memenuhi syarat untuk isolasi mandiri di rumah diberikan izin, karena petugas yang terkonfirmasi positif covid-19 ini rata-rata tanpa gejala.

"Karena kita skrining swabnya bertahap, maka bagi petugas yang hasil swabnya negatif dan telah menjalani isolasi mandiri sudah bisa bertugas kembali," ujarnya.

Vera menambahkan, dari total 21 petugas kesehatan Puskesmas Manipi yang terkonfirmasi Covid-19 hari ini, pihaknya telah mengajukan surat kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai untuk melakukan penutupan sementara.

"Kami sudah bermohon ke dinas kesehatan untuk melakukan penutupan dan Senin depan pelayanan akan kembali normal seperti biasanya," ungkapnya. (fan/ril)