Siswa Sinjai Lolos Final Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional, Ini Nama-namanya

  • Bagikan

BONEPOS.COM, SINJAI – Dua siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Sinjai mengukir prestasi membanggakan, lolos ke babak final Olimpiade Bahasa Jerman tingkat Nasional.

Dua nama siswa tersebut, yakni Muh. Ayyub siswa SMA Negeri 1 Sinjai dan Nurfauziah siswi SMA Negeri 3 Sinjai.

Keduanya berhasil menjadi finalis bersama 4 finalis lainnya yang akan mewakili Provinsi Sulawesi Selatan pada Babak Final Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional, yang akan dilaksanakan pada Kamis (28/1/2021) mendatang.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Tingkat SMA Kabupaten Sinjai, Muhammad Ali Musa mengatakan, sebelumnya dalam babak penyisihan Olimpiade Bahasa Jerman yang dilaksanakan pada 7 sampai 13 Januari 2021 kemarin diikuti sebanyak 650 siswa dari perwakilan 27 provinsi di Indonesia.

“Alhamdulillah dalam babak penyisihan tersebut dua anak siswa asal Sinjai berhasil lolos ke babak final bergabung dengan 70 besar di Indonesia yang akan mewakili provinsi masing-masing. Kami sangat bangga atas prestasi anak-anak kita ini di ajang olimpiade bahasa jerman tingkat nasional,” kata Muhammad Ali, kepada Boneposcom, Selasa (26/1/2021).

Baca Juga  Disuntik Vaksin Dosis Kedua, Begini Perasaan Kapolres Iwan

“Ini sebuah prestasi yang sangat luar biasa dan membanggakan bagi daerah kita di Sinjai, dengan lolosnya dua siswa kita di babak final olimpiade bahasa jerman. Persaingannya sangat ketat dari 650 siswa SMA se-Indonesia, dan Alhamdulillah dua siswa asal Sinjai masuk dalam 70 besar,” ungkap Kepala SMAN 3 Sinjai ini.

Menurutnya, prestasi ini patut diacungi jempol karena masih ada siswa yang meraih prestasi di tengah pembelajaran serba terbatas akibat pandemi Covid-19. Hal ini membuktikan bahwa para siswa tetap semangat belajar selama sistem belajar dari rumah (BDR) diberlakukan.

Baca Juga  Misi Sosial Kabag Ops Polres Sinjai, Begini Perjuangannya

“Saya memberikan dukungan kepada dua siswa tersebut agar bisa kembali meraih prestasi di babak final dan bisa mengharumkan nama baik Provinsi Sulsel dan terkhusus Kabupaten Sinjai,” pungkasnya.

“Pelaksanaan babak final akan dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan platform zoom. Nantinya, 4 orang terbaik dari seluruh finalis Olimpiade Bahasa Jerman ini akan dipilih sebagai pemenangnya yang mendapatkan hadiah berupa kursus daring Bahasa Jerman dari Goethe-Institut di Munich, Jerman,” sambungnya.

Diketahui, Olimpiade Bahasa Jerman tingkat Nasional 2021 ini adalah salah satu bentuk kontribusi Goethe-Institut dan Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia (IGBJI). Tujuanya, untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan bahasa di sekolah-sekolah menengah atas yang mengajarkan Bahasa Jerman di seluruh Indonesia. (fan/ril)

  • Bagikan