Catat, Ini Jadwal Vaksin Covid-19 di Sinjai

BONEPOS.COM, SINJAI - Sebagai bentuk dukungan dan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai kebijakan pemerintah pusat, dalam waktu dekat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai akan melakukan Vaksinasi Covid-19.

Berkaitan dengan hal tersebut, Dinas Kesehatan (Diskes) Sinjai menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sinjai, Selasa (26/1/2021).

Rakor dipimpin langsung Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Andi Ilham Abubakar, dihadiri Sekretaris Dinas Kesehatan drg. Farina Irfani, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Diskes Sinjai, Akhriani serta perwakilan puskesmas di sembilan kecamatan.

Andi Ilham mengatakan, rapat koordinasi tersebut untuk mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi, yang diperkirakan vaksin Sinovac akan tiba di Kabupaten Sinjai beberapa hari ke depan.

"Vaksinasi tahap pertama untuk Sinjai itu rencananya dilaksanakan 1 Februari mendatang," ungkapnya.

Mantan Kepala Bappeda Sinjai ini menjelaskan, seperti rencana semula dalam vaksinasi ini diprioritaskan bagi tenaga kesehatan (nakes). Tetapi terdapat 10 orang yang dilakukan secara simbolis seperti Bupati, Wakil Bupati, anggota Forkopimda, termasuk Kepala Dinas Kesehatan dan tokoh agama serta tokoh masyarakat.

"Saat ini kita menunggu kedatangan vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi. Sudah kita siapkan untuk di Gedung Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK), kita juga rapatkan mengenai bagaimana mekanisme pelaksanaannya nanti," ujarnya.

Lanjut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai ini mengatakan, nantinya seluruh puskesmas menjemput sendiri vaksinnya, dengan mendapat pengawalan khusus dari Kapolsek dan Koramil masing-masing, kecuali puskesmas di Sinjai Barat, Borong dan Selatan itu akan diantarkan langsung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten.

"Vaksinnya dilakukan di masing-masing puskesmas. Jadi ada 17 fasilitas kesehatan (Faskes) termasuk RSUD kita siapkan," jelasnya.

Andi Ilham menambahkan, terdapat kategori kondisi kesehatan yang tidak bisa diberikan vaksin Covid-19 Produksi Sinovac, diantaranya pernah terkonfirmasi menderita Covid-19. (fan/ril)