Musim Hujan, Harga Komoditas Pangan di Pasar Gowa Melonjak Naik

Foto: Salah satu pedagang pasar Minasa Maupa, Gowa. (SYAHRUL/BONEPOS.COM)

BONEPOS.COM, GOWA - Di awal bulan Januari 2021, tiga harga komoditas pangan di Pasar Induk Minasa Maupa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, melonjak naik.

Tiga komoditas pangan itu yakni, kacang tanah, kacang hijau, cabai besar, dan telur ayam kampung.

Hal itu diketahui berdasarkan data isian harga bahan pokok Dinas Perdagangan dan Perindustrian Gowa di Pasar Induk Minasa Maupa per 25 Januari 2021.

Dari data tersebut, harga kacang hijau melonjak naik dari Rp12 ribu menjadi Rp16 ribu. Sementara harga kacang tanah naik dari Rp15 ribu menjadi Rp22 ribu.

Menyusul harga ayam telur kampung naik dari Rp2 ribu per butir menjadi Rp2.500 per butirnya.
Untuk harga cabai besar sendiri, naik dari Rp20 ribu menjadi Rp25 ribu.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Kadisperdastri) Gowa, Andi Sura Suaib mengatakan, alasan kenaikan sejumlah komoditas pangan ini disebabkan curah hujan yang tinggi.

Menurutnya, curah hujan yang tinggi seperti saat ini mengakibatkan komoditas beberapa pangan rusak karena terkena hujan.

"Komoditas pangan itu naik karena faktor curah hujan yang tinggi. Di samping itu, kenaikan harga juga karena panen tertunda gara-gara hujan," kata Andi Sura Suaib, Selasa (26/1/2021).

Meski harga komoditas pangan naik, namun sejumlah komoditas pangan lainnya tetap berada di harga normal. Bahkan ada beberapa yang mengalami penurunan harga.

"Harga cabai keriting itu turun. Harga daging juga masih tetap. Harga ayam broiler juga turun," tambahnya. (rul/ril)