Relawan Beri Trauma Healing Untuk Anak-anak Gempa Sulbar, Ini Manfaatnya – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel

Relawan Beri Trauma Healing Untuk Anak-anak Gempa Sulbar, Ini Manfaatnya

  • Bagikan

BONEPOS.COM, BULUKUMBA – Tidak hanya menyalurkan bantuan, relawan dari Bulukumba juga bakal memberikan Trauma Healing bagi para korban bencana Sulbar, anak-anak khususnya.

Wakil ketua Pengabdian Masyarakat, Sosial dan Tenaga Kerja, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) DPD II Bulukumba, Ihsan Khalik Makkaraja yang turut menjadi relawan di Sulbar, mendorong semua pihak untuk dapat melakukan upaya penyembuhan melalui Trauma Healing.

“Dari pengamatan saya di lapangan selama di Mamuju, masyarakat masih meninggalkan trauma mendalam, utamanya anak-anak,” bebernya saat dikonfirmasi Bonepos.com, Rabu (27/1/2021).

Menurutnya, masyarakat Sulbar yang terdampak bencana saat ini masih merasa takut. Banyak yang mengalami tekanan batin atau trauma untuk kembali ke rumahnya masing-masing.

Baca Juga  Baznas Sinjai Bawa Perlengkapan Bayi di Majene dan Mamuju

Ihsan berharap agar semua pihak dapat bahu-membahu dan segera memberikan Trauma Healing. Agar, anak-anak korban bencana bisa segera kembali melanjutkan kehidupannya tanpa dihantui rasa takut

Menanggapi itu, Pengurus KKB Mamuju, Junaedi bilang, pihaknya memang telah menyusun program untuk kegiatan Trauma Healing bagi para korban.

Menurutnya, selain logistik para pengungsi saat ini juga membutuhkan pemulihan psikososial dan Trauma Healing bagi anak-anak.

“Trauma, depresi, perasaan tertekan dan was-was tentu masih menyelimuti kami di sini, apalagi bagi anak-anak yang belum mampu mengontrol emosi sepenuhnya,” beber Junaedi.

Baca Juga  Karnaval Hitam di Bulukumba Kirim Doa untuk Habibie

Untuk memulihkan kondisi psikologis dan sosial pascagempa, Kerukunan Keluarga Bulukumba (KKB) akan mendukung pemulihan psikososial dan Trauma Healing bagi anak-anak yang masih ada di pengungsian.

“Kami berharap dukungan kepada semua pihak agar bisa membantu kami melakukan pemulihan trauma yang dirasakan oleh masyarakat terdampak gempabumi,” ujar Edi

Terakhir Edy juga menambahkan jika hari ini Tim KKB akan mendistribusikan logistik untuk kebutuhan para pengungsi melalui gerakan ‘Bulukumba Peduli, KKB Berbagi’. (kia/ril)

  • Bagikan