Prajurit Korem Toddopuli Garansi Vaksin Covid-19 Aman, Ini Alasannya

BONEPOS.COM, BONE - Danrem 141/Toddopuli Brigjen TNI Djashar Djamil, memimpin Kegiatan Sosialisasi Vaksinasi Nasional Covid-19 Ta.2021 bertempat di Aula Makorem 141/Tp Jl. Jenderal Sudirman No.9 Watampone, Kamis (28/1/2021).

Dalam amanatnya, Danrem 141/Toddopuli mengatakan, kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Vaksinasi Nasional Covid-19 TNI AD TA. 2021 yang dilaksanakan ini menindak lanjuti kebijakan Presiden Jokowi melalui peraturan Menteri Kesehatan No. 84 tahun 2020 tentang urutan daftar pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19.

"Akhirnya, vaksinasi dapat terlaksana secara nasional, sebagaimana yang telah dimulai pada 13 Januari 2021, dan diikuti para pimpinan daerah di seluruh wilayah Indonesia sebelum diberikan kepada para tenaga kesehatan pada tahap awal ini," beber Danrem.

Dengan adanya Kebijakan Pemerintah terhadap urutan daftar prioritas penerima Vaksin Covid-19, di sisi lain, juga dapat melihat, mendengar, dan merasakan bahwa di tengah-tengah masyarakat juga masih berkembang pro-kontra terkait dengan penyelenggaraan vaksinasi tersebut.

"Tidak jarang kita jumpai secara langsung maupun melalui media sosial, upaya-upaya berbagai pihak untuk menghambat pelaksanaan serta menghembuskan isu-isu negatif dan terdapat juga beberapa berita hoaks," tuturnya.

Selain itu, Danrem juga mengatakan, upaya edukasi, sosialisasi dan mitigasi ke seluruh pelosok harus terus digencarkan dengan mengefektifkan aparat ditingkat bawah agar masyarakat memahami terhadap pentingnya Pelaksanaan Vaksinasi Nasional Covid-19, guna mencegah masyarakat yang tidak mau divaksin dan menyebarnya hoaks.

Dilanjutkan, penyuluhan yang disampaikan Karumkit RS. Yasin Bone Kapten Ckm dr Asep Sulaeman, SpOT untuk memberikan pengetahuan kepada para prajurit, sekaligus menjawab isu-isu menyesatkan yang beredar selama ini.

Di sisi lain Karumkit RS.Yasin Bone Kapten Ckm dr Asep Sulaeman, SpOT menerangkan manfaat vaksin, diantaranya adalah membentuk antibodi Covid-19 dalam tubuh, yang diperlukan untuk melawan virus Covid-19 serta memberi gambaran tentang mekanisme pemberian vaksin, mulai dari pendaftaran sampai dengan selesai. (ril)