Sinjai Patut Dicontoh, Sistem Manajeman Kepegawaian Diganjar Khusus KASN

  • Bagikan

BONEPOS.COM, SINJAI – Pemerintah Kabupaten Sinjai kembali meraih penghargaan. Kali ini, penghargaan Anugerah Meritokrasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Penghargaan tersebut diserahkan Ketua KPK, Firli Bahuri yang didampingi Ketua KASN, Prof. Dr. Agus Pramusinto, MDA dan diterima langsung Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (28/1/2021).

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa melalui Kepala BKPSDM Sinjai, Lukman Mannan mengatakan, penghargaan sistem merit ini merupakan penghargaan terhadap penerapan sistem Manajeman kepegawaian di Instansi Pemerintah dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Sinjai.

Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Kabupaten Sinjai meraih kategori baik, dengan nilai 294.

Baca Juga  Pemkab Sinjai Jamin Bantuan Hukum bagi Warga Miskin

“Evaluasi ini dilakukan di tahun 2020 kemarin, dan penetapan serta penyerahan penghargaan dilakukan di tahun ini. Tepat hari ini (Kamis, 28 Januari 2021, red),” kata Mantan Sekretaris DPRD Sinjai ini lewat pesan singkatnya di WhatsApp.

Lukman menjelaskan, evaluasi ini tahapannya dilakukan mulai dari verifikasi berkas/dokumen sampai dengan verifikasi faktual yang dilakukan langsung pihak KASN.

Pencapaian dari penerapan sistem merit ini mendapatkan hasil kategori baik, yang tentunya tidak terlepas dari manajemen kepegawaian yang diterapkan dan dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepagawaian (PPK) dalam hal ini Bapak Bupati selaku PPK,
Sebagaimana yang diatur dalam PP No 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Baca Juga  Kadis DLHK Sinjai Ajak ATM Kerjasama

Hal yang dinilai dari penerapan sistem merit ini di Instansi Pemerintah, Lukman menyebutkan yakni perencanaan kebutuhan, pengadaan, pengembangan karir, promosi dan mutasi, manajemen kinerja, penggajian, penghargaan dan disiplin, perlindungan dan pelayanan, serta sistem informasi.

“Penilaian dilakukan terhadap 8 aspek manajemen ASN tersebut, kemudian KASN melakukan verifikasi dan menetapkan nilai Sistem Merit,” jelasnya.

Lukman berharap, semoga dengan hasil evaluasi penerapan Sistem Merit di Kabupaten Sinjai yang mencapai kategori Baik ini menjadikan pelayanan dan manajemen kepegawaian di Instansi Pemerintah di Kabupaten Sinjai menjadi semakin baik.

“Semoga ke depannya kita dapat meraih kategori Sangat Baik terhadap penerapan sistem merit tersebut di Kabupaten Sinjai,” pungkasnya. (fan/ril)

  • Bagikan