BONEPOS.COM, MAKASSAR – Moh Ramdhan Pomanto yang beken disapa Danny Pomanto, Wali Kota Makassar terpilih tengah menyiapkan langkah strategis penanganan Covid-19 di daerah berjuluk Kota Daeng. Seperti apa konsepnya?

“Saya memaparkan rencana adaptasi ekonomi di Makassar dalam rangka memulihkan ekonomi pada masa pandemi. Kolega dari Enterprise Singapore yang hadir dalam diskusi via zoom pagi ini mengaku sepakat karena Singapura juga melakukan hal serupa. Secara antusias saya menyampaikan bahwa solusi untuk bangkit dalam masa pandemi adalah dengan total monitoring dan total controlling dengan melibatkan tokoh-tokoh masyarakat, bukan dengan lockdown,” papar Danny Pomanto, dalam akun Instagram, Selasa (2/2/2021).

“Menurunkan angka kasus Covid-19 adalah fokus utama, namun memulihkan ekonomi warga adalah hal yang mendesak. Mengontrol kedisiplinan warga dalam menjalankan protokol kesehatan tidak bisa dilakukan dengan penerapan disiplin secara manual. Kita berhadapan dengan manusia yang kompleks,” sambungnya.

Untuk wilayah kota Makassar sendiri, kata Danny Pomanto, dengan jumlah penduduk 2 juta jiwa, pihaknya telah menyiapkan program berbasis IT.

“Health Protocol Guard insya Allah diharapkan akan menunjukkan efek yang signifikan. Meski begitu, dalam setiap program kami selalu mengedepankan prinsip Sombere’ dan Smart City serta menetapkan Touching Heart Protocol, dengan tujuan untuk menyentuh hati masyakarat agar memahami dan ikut berpartisipasi aktif sebagai bentuk kepedulian,” lanjutnya.

Lanjut kata Danny Pomanto, dia meyakini bahwa strong leadership mesti diikuti dengan adaptif leadership.

“Bersama semua warga Makassar, saya dan Bu Fatma optimis membawa Makassar kembali pulih dan menjadi lebih baik,” tandasnya. (ril)