BONEPOS.COM, BONE – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 digelar secara serentak di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (3/2/2021).

Selain vaksinasi yang digelar untuk Forkopimda Bone di Gedung La Teya Riduni, 43 titik fasilitas kesehatan di Bone juga telah melaksanakan vaksinasi, termasuk di RSUD Tenriawaru Bone.

Humas RSUD Tenriawaru Bone Ramli Syam yang dikonfirmasi mengatakan, untuk di rumah sakit sendiri ada 238 orang yang sebelumnya sudah didaftarkan untuk divaksin. Namun yang memenuhi syarat vaksinasi hanya 152 orang.

Hal itu dikarenakan meskipun sudah mendapat SMS notifikasi, tetap harus diperiksa dan di-screening terlebih dahulu apakah memenuhi syarat atau tidak.

Mereka yang sudah didaftarkan sebelumnya yakni mulai dari dokter, perawat, pejabat struktural, tenaga administrasi, satpam, teknisi, sampai cleaning service.

“Awalnya kita daftarkan 238 orang termasuk semua tenaga kesehatan dan juga satpam, tapi hanya 152 orang yg memenuhi syarat, 86 orang lainnya tidak lolos screening,” beber Ramli.

Lanjut kata Ramli, yang tidak lolos screening itu disebabkan karena ada beberapa yang memiliki riwayat pernah dirawat karena penyakit tertentu seperti lambung, paru, banyak juga karena tekanan darah tinggi.

“Kalau sesuai juknis pelaksanaan vaksinasi, yang punya riwayat penyakit tertentu itu tidak diperbolehkan untuk di vaksin,” tambahnya.

Dari 200 vial vaksin yang telah didistribusikan ke RSUD oleh Dinas Kesehatan, tersisa 48 vial. Besok, kembali akan dilanjutkan vaksinasi bagi yang belum divaksin. (her/ril)