Ombudsman Kota Makassar di Tahun 2020; Minim Temuan, Dominan Laporan Masyarakat – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel

Ombudsman Kota Makassar di Tahun 2020; Minim Temuan, Dominan Laporan Masyarakat

  • Bagikan

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Komisioner Ombudsman Kota Makassar (OKM) menemui Pj Wali Kota Makassar Prof. Rudy Djamaluddin untuk menyerahkan laporan tahunan di Rujab Wali Kota Makassar, Kamis (4/2/2021).

Ketua Komisioner Ombudsman Kota Makassar, Andi Ihwan Patiroy menjelaskan, merujuk pada peraturan wali kota (Perwali) Makassar nomor 2 tahun 2019, Ombudsman diamanahkan untuk menyerahkan laporan tahunan kepada wali kota dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“Hari ini kita serahkan laporan tahunan ke Pj Wali Kota, insha Allah dalam dekat ini kami juga akan serahkan ke pimpinan DPRD Kota Makassar, laporan tahunan ini berisi kinerja kami selama tahun 2020 termasuk berapa banyak laporan dan aduan yang masuk ke kami,” beber Ihwan.

Dalam laporan tersebut diketahui sepanjang tahun 2020 Ombudsman Kota Makassar menerima 97 laporan dan aduan, Laporan tersebut masuk dari berbagai layanan, diantaranya 34 laporan melalui sosial media, 20 lewat online OKM, 4 lewat surat, 5 temuan, dan 34 laporan dari masyarakat secara langsung.

Baca Juga  Terjun Lokasi Kebakaran di Kampung Hollywood, Pj Wali Kota Makassar Bagi-bagi Bantuan 

Dari laporan tersebut, Ombudsman Kota telah melakukan penanganan tindak lanjut. Klasifikasinya, 49 laporan yang telah ditangani sampai selesai, 12 laporan telah direkomendasikan dan tahap monitoring, serta 1 masih berproses. Adapun 51 laporan yang tidak ditindaklanjuti, yakni 25 karena di luar kewenangan dan 25 laporan lainnya karena berkas tidak lengkap serta ada 1 pelapor yang tidak kooperatif.

“Sektor yang paling tinggi pelanggaran maladministrasinya berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Makassar. Yaitu, 22 laporan maladministrasi, kemudian disusul Dinas Sosial Kota Makassar sebanyak 13 laporan,” pungakasnya.

Baca Juga  Rektor Unhas Siap Kawal 1 Tahun Kepemimpian Pj Wali Kota Makassar

Dari puluhan aduan tersebut, lanjut Ihwan, Ombudsman telah melakukan tindak lanjut dalam bentuk investigasi, klarifikasi, verifikasi, mediasi, hingga rekomendasi.

“Rata-rata, Alhamdulillah, yang mendapatkan rekomendasi itu cukup kooperatif untuk melakukan perbaikan sistem. Selain itu kami lakukan monitoring untuk melihat upaya perbaikannya, apakah itu betul-betul terulang kembali tindak maladministrasi tersebut atau sudah bisa selesai,” kuncinya.

Sementara itu Pj Wali Kota Makassar Prof. Rudy Djamaluddin mengapresiasi kinerja Ombudsman Kota Makassar setahun belakangan ini menurutnya pengawasan layanan publik di kota Makassar memang harus lebih ditingkatkan lagi agar masyarakat kita betul-betul merasakan layanan yang prima.

“Ombudsman harus lebih greget lagi dalam hal berfungsi untuk memastikan masyarakat mendapat hak-haknya, selain itu Ombudsman harus lebih meningkatkan pengawasan terhadap OPD yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” tandasnya. (ril)

  • Bagikan