BONEPOS.COM – Tokoh cendikiawan dan pakar komunikasi Jalaluddin Rakhmat dikabarkan meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Sentosa Internasional Bandung, Jawa Barat.

Jalaluddin Rakhmat meninggal dunia pada hari Senin (15/2/2021), sekitar pukul 15:45 WIB.

“Innalillahi wa InnaIllaihi Rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah Ust. Jalaluddin Rakhmat hari ini pukul 15:45 di ICU RS Santosa Internasional Bandung,” demikian pesan singkat yang diterima media.

Kang Jalal sebelumnya sempat dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 dengan gejala sesak nafas. Saat dilarikan ke RS Santosa, kata Sutrasno, hasil tes usap kang Jalal positif. “Saat masuk (RS) iya (positif covid) tapi pas terakhir belum (dicek lagi),” ujarnya.

Menurut dia, penulis buku ‘Islam Alternatif’ itu sudah dirawat sejak 12 hari yang lalu di RS Santosa. Beberapa hari sebelum wafat, istri Kang Jalal dinyatakan wafat usai menjalani perawatan di RS Santosa.

“Dirawat Kamis, 12 hari lalu. Ada sesak. Beliau memang ada diabetes. Karena istrinya juga empat hari lalu istrinya mendahului beliau (wafat) dirawat di RS Santosa,” katanya.

Rencananya, jenazah Kang Jalal akan dimulasarakan di pemakaman keluarga di daerah Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Kang Jalal merupakan cendekiawan muslim kelahiran Bandung, 29 Agustus 1949. Ia menghembuskan nafas terakhir di usia 71 tahun. Jalaluddin Rakhmat dikenal pula sebagai tokoh umat muslim Syiah di Indonesia. Semasa hidupnya, kang Jalal pernah menjabat Ketua Dewan Syura Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia (IJABI). Dia juga pernah menjabat sebagai anggota DPR RI dari Fraksi PDIP.

Tak hanya itu, kang Jalal telah banyak menghasilkan karya kepenulisan di bidang ilmu komunikasi, komunikasi maupun kajian keislaman.