5 Sosok Calon Pemimpin Indonesia Asal Sulsel, Simak Selengkapnya

  • Bagikan
Foto: Adi Suryadi Culla/Istimewa

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi salah satu daerah gudangnya calon pemimpin Tanah Air.

Maka tidak heran, sejumlah figur asal Sulsel mulai dikait-kaitkan layak maju dalam perhelatan pesta demokrasi akbar 2024.

Walaupun masih tiga tahun lagi. Seyogyanya, para bakal calon (Balon) mulai intens mengenalkan diri ke publik.

Terlebih, pada pesta demokrasi akbar nanti, tidak akan ada lagi petahana. Presiden Jokowi, kini menjalankan periode kedua kepemimpinannya.

Pakar Ilmu Politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Dr. H. Adi Suryadi Culla MA mengemukakan, sejumlah figur asal Sulsel, layak diperhitungkan dan berpotensi maju pada Pemilu Akbar 2024.

Pria yang akrab disapa Adi Culla menyebutkan, sedikitnya ada lima figur di Sulsel yang memiliki positioning politik. Mempunyai keunikan dan ‘nilai jual’.

Berikut ulasan pria yang juga menjabat Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan;

1. Jusuf Kalla (JK)
Kata Adi Culla, nama JK masih santer. Pengaruh ketokohan JK semasa menjabat wakil presiden maupun sesudahnya, masih berpengaruh di Tanah Air. Kepemimpinan JK sudah menasional. Berkaca soal usia, dari belahan dunia ada banyak pemimpin senior yang juga berumur seperti di Amerika Serikat dan Malaysia.

Baca Juga  Nurdin Abdullah: Sulsel Kehilangan IYL, Sosok yang Tegas

Olehnya itu, JK masih diperhitungkan sebagai figur di kawasan Timur Indonesia. Lantaran memiliki kematangan politik dan jiwa entrepreneur.

2. Syahrul Yasin Limpo (SYL)
Saat ini, menjabat sebagai Menteri Pertanian (Mentan), SYL layak masuk bursa figur pemimpin Indonesia asal Kawasan Timur Indonesia.

Kematangan SYL juga tidak perlu diragukan, berangkat dari tingkat bawah hingga menjadi mantan gubernur Sulsel dua periode. SYL juga memiliki kemampuan politik dan birokrat, sehingga dinilai figur yang memiliki potensi besar asal Sulsel.

3. Nurdin Abdullah (NA) Pria yang kini menduduki posisi sebagai Gubernur Sulsel ini, dinobatkan sebagai salah satu Gubernur terbaik di Asia pada tahun 2020.

Bukan hanya itu, sosok NA dinilai mempunyai kemampuan, baik di bidang birokrat, entrepreneur, hingga akademisi. Dengan kemampuan tersebut, menjadi modal penting dan menjadi sosok yang layak diperhitungkan asal Sulsel.

Baca Juga  Honda Sport Dyno Competition Siap Bergulir, Catat Tanggalnya!

4. Andi Amran Sulaiman (AAS)
Meski tidak lagi menjabat sebagai menteri pertanian (Mentan), tetapi kemampuan AAS dalam memimpin Kementerian Pertanian (Kementan), masih terasa hingga saat ini. Khususnya dalam rangka kedaulatan pangan.

AAS dinilai berhasil memimpin Kementerian Pertanian saat itu. Meski begitu, untuk maju perlu dukungan partai politik. Sebagai figur, AAS merupakan sosok yang tak bisa diabaikan. Dinilai punya pengaruh. Terlebih kematangan jiwa entrepreneur yang dimiliki.

5. Abraham Samad
Nama Abraham Samad selalu disebut-sebut sebagai sosok patut diperhitungkan dari Kawasan Timur Indonesia acap kali setiap pesta demokrasi akbar bakal digelar.

Hal itu tidak lepas dari peran Abraham Samad yang pernah menjabat sebagai Ketua KPK.

Tidak hanya itu, sosok dan kiprah Abraham Samad juga dikenal sebagai aktivis sosial. Demikian itu menjadi nilai tambah. Meski begitu, Abraham Samad perlu bekerja keras, khususnya dalam meyakinkan partai politik. (red)

  • Bagikan