Sinjai Cari Desa Terbaik, Siapa yang Pantas?

  • Bagikan

BONEPOS.COM, SINJAI -Pemerintah Kabupaten Sinjai tahun 2021 ini, akan melaksanakan lomba evaluasi perkembangan desa tingkat Kabupaten Sinjai yang rencananya akan digelar Maret mendatang.

Kepastian pelaksanaan lomba desa di masa pandemi ini berdasarkan hasil rapat yang diikuti Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai bersama Dirjen Pemerintahan Desa Kemendagri secara virtual.

Kepala Dinas PMD Sinjai, Yuhadi Samad mengatakan, dari hasil rapat melalui video conference pada Rabu (17/2/2021), pelaksanaan lomba desa akan tetap dilaksanakan namun pelaksanaannya tahun ini dilakukan dengan nuansa yang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Meski konsep dan mekanisme penilaian berbeda akan tetapi indikator penilaian sama dengan tahun sebelumnya, yang tetap mengacu pada Permendagri Nomor 81 tahun 2015 dengan tiga indikator utama penilaian, yakni dari bidang pemerintahan, kewilayahan dan partisipasi masyarakat serta inovasi desa itu sendiri. 

Baca Juga  Majukan Sinjai, Masyarakat Perlu Pacu Kualitas

“Nuansa penilaian tahun ini berbeda dengan sebelumnya, tahun ini kita mengacu pada protokol kesehatan dan ini menjadi hal yang urgen diperhatikan, sehingga nantinya dalam penilaian tidak ada kerumunan,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Yuhadi menjelaskan, jika tahun sebelumnya tim penilai mendapat penyambutan dan dilanjutkan acara seremonial sebelum dilakukan penilaian maka tahun ini ditiadakan.

“Jadi untuk tahun ini tidak ada lagi acara penyambutan, begitu tim penilai tiba di desa maka langsung melakukan penilaian ke objek yang ditentukan dan yang hadir itu dibatasi, hanya yang berkepentingan saja,” jelasnya.

Baca Juga  Kurban 14 Sapi, Kapolres Sinjai Sebar 300 Kupon

Adapun persiapan yang dilakukan saat ini, pihaknya sudah mengirimkan surat ke delapan kecamatan untuk mempersiapkan desa yang diusulkan untuk mewakili kecamatan masing-masing.

Rencananya penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Sinjai akan dimulai pada awal Maret yang akan datang dan diharapkan tuntas pada pertengahan Maret, mengingat lomba desa tingkat provinsi akan dilaksanakan pada Mei tahun ini juga.

“Jika kita mampu meraih hasil yang baik, kita bisa mewakili Sulsel di tingkat Regional pada Juli mendatang,” harapnya. (fan/ril)

  • Bagikan