[CEK FAKTA] Beredar Foto Nurdin Abdullah Pakai Rompi Oranye KPK, Begini Faktanya – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel

[CEK FAKTA] Beredar Foto Nurdin Abdullah Pakai Rompi Oranye KPK, Begini Faktanya

  • Bagikan
Foto hoaks yang beredar di media sosial yang menyebutkan pria yang mengenakan rompi orange dalam foto adalah Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Usai heboh, soal penangkapan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (NA) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kini netizen kembali dihebohkan dengan beredar sebuah foto tahanan yang memakai rompi oranye (rompi khas KPK)

Foto yang tersebar luas di jejaring media sosial seperti WhatsApp, sejak Sabtu siang (27/2/2021) itu diklaim merupakan foto Gubernur NA, yang mana saat ini tengah menjalani pemeriksaan di kantor KPK.

Dalam foto tersebut, memperlihatkan ada empat orang yang tengah mengenakan rompi oranye KPK, jika diperhatikan sekilas, ada satu foto yang memperlihatkan postur tubuh nyaris mirip dengan Gubernur NA.

Tidak hanya itu, ciri khas dari sepatu sneakers hitam kerap gunakan NA dalam kesehariannya, juga terlihat mirip dengan foto yang beredar tersebut.

Baca Juga  [CEK FAKTA] Soal Surat MUI Berisi Seruan Agar Ulama Tolak Tes Covid-19
Foto yang bertuliskan NA sudah mengenakan baju (rompi) kebesaran KPK, beredar luas di media WhatsAPP, Sabtu Siang (27/2/2021).

 

Lantas, benarkah foto tersebut adalah Gubernur NA, Simak penelusuran Cek Fakta Bonepos.com.

Penelusuran :

Tim Cek Fakta Bonepos.com melakukan penelusuran terkait klaim tersebut dengan menggunakan mesin pencari Google Search Engine dengan kata kunci, “Tahanan KPK Kenakan Rompi Oranye”

Hasilnya, foto tersebut ditemukan pada satu artikel berita yang dimuat di situs berita online republika.co.id dengan judul “KPK Tahan 11 Mantan Anggota DPRD Sumut”

Dalam artikel yang Rabu 22 Juli 2020 itu, menyebutkan bahwa KPK menahan 11 orang mantan anggota DPRD Sumatera Utara. Mereka ditahan usai diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait fungsi dan kewenangan DPRD Sumatera Utara.

Baca Juga  Ditangkap KPK, Instagram Gubernur NA Diserbu Netizen
Sejumlah tersangka anggota DPRD Sumatera Utara periode 2009-2014 dan 2014-2019 menuruni tangga usai pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (22/7). KPK menahan 11 orang tersangka yang merupakan mantan anggota DPRD Sumatera Utara yaitu Sudirman Halawa, Rahmad Pardamean Hasibuan, Megalia, Ida Budiningsih, Syamsul Hilal, Robert Nainggolan, Ramli, Layani Sinukaban, Jamaluddin Hasibuan, dan Irwansyah Damanik terkait kasus suap dari mantan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho – (Republika/Thoudy Badai)

Kesimpulan :

Berdasarkan hasil penelusuran diatas, maka disimpulkan bahwa informasi foto yang tersebar luas itu di media sosial tersebut adalah informasi yang keliru atau hoaks.

Fakta lainnya, Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri telah menegaskan, bahwa sejauh ini, pihaknya masih melakukan perkembangan terkait kasus OTT Gubernur Sulsel itu.

“Perkembangan selanjutnya akan kami update. Jadi proses penyelidikan ini ketika sudah dilakukan tangkap tangan dan diamankan pihak pemberi dan penerima, KPK diberikan waktu 1×24 jam untuk menentukan sikap,” jelas Ali Fikri, Sabtu (27/2/2021).

Untuk itu, jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (rul/tim/ril).

  • Bagikan