Disdik Bone “Cium” Lembaga Pendidikan Ilegal, Segini Jumlahnya – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel

Disdik Bone “Cium” Lembaga Pendidikan Ilegal, Segini Jumlahnya

  • Bagikan
Foto: Kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, Surianto. (SUGIANTO/BONEPOS.COM)

BONEPOS.COM, BONE – Sebanyak 493 Lembaga Taman Kanan-kanak dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ada di Kabupaten Bone terdapodik atau memiliki izin operasional (Izop).

Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bone Surianto mengatakan, lembaga yang tidak terdaftar secara resmi dan belum memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) serta Izin Operasional (Izop) tidak bisa menerima bantuan operasional pendidikan (BOP) atau bantuan lainnya dari pemerintah.

Ditambahkannya, untuk sekolah TK, PAUD yang tidak memiliki izin resmi dari Diknas dinyatakan sekolah belum resmi atau ilegal. Dalam artian segala aktivitas di dalamnya tidak diakui termasuk Sertifikat.

Baca Juga  Barang Bekas Bisa Jadi Berlian, Kadis Asman: Tidak Ada Alasan

“Setiap lembaga pendidikan harus mengurus izin operasional, juga memiliki akta notaris. Kemudian akan terbitkan SK petikan setelah memenuhi syarat. Keuntungan lain mengurus Izop adalah sekolah tersebut bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah,” tegas Surianto, kepada Boneposcom, Rabu (3/3/2021).

Dari informasi yang dihimpun dari Disdik Bidang PAUD dan Dikmas Kabupaten Bone, tercatat ada 42 Lembaga Padi Tungka yang telah beroperasi dan tujuh lembaga yang belum terdapodik, sementara yang resmi mengantongi NPSN sebanyak 35 Lembaga .

Baca Juga  Berita Gembira, Tunjangan Profesi Guru Triwulan Kedua Cair

Untuk Lembaga Taman Kanak-kanak (TK) yang telah terdapodik sebanyak 493 dan telah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) sedangkan yang tidak terdapodik dan enam lembaga belum memiliki NPSN.

Sementara untuk kelompok bermain (play group) yang telah terdapodik sebanyak 62 lembaga dan 15 lembaga lainnya belum memiliki NPSN. (sug/ril)

  • Bagikan