Covid Jenis Baru, Jokowi Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel

Covid Jenis Baru, Jokowi Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir

  • Bagikan
Jenis Virus Corona B117

BONEPOS.COM – Virus Corona varian baru B117 ditemukan. Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir.

“Saya mengimbau kepada bapak, ibu, saudara semua untuk tidak perlu khawatir karena ditemukannya dua kasus positif dengan mutasi virus corona dari Inggris atau B117,” kata Presiden Jokowi, Kamis (4/3/2021).

Menurut Presiden Jokowi, dua orang yang terpapar virus varian baru tersebut saat ini sudah negatif Covid-19.

“Dan belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa varian baru ini lebih mematikan,” ujar Presiden.

Agar tidak tertular virus varian baru tersebut, Presiden Jokowi mengingatkan masyarakat agar disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Baca Juga  Terkait Virus Corona, Jepang Umumkan Darurat Nasional

“Untuk itu mari kita tetap berdisiplin menjalankan protokol kesehatan dengan ketat seiring dengan pelaksanaan vaksinasi yang makin cepat,” ujar Presiden.

Ketua Kelompok Kerja Genetik FKKMK UGM, dr Gunadi juga meminta masyarakat tidak khawatir berlebihan dengan munculnya varian baru virus corona, B117.

Menurut FKKMK UGM, tidak ada laporan soal hubungan antara varian virus Covid-19 dari Inggris ini dengan derajat keparahan pasien Covid-19.

Isu bahwa varian baru tersebut lebih kebal dari vaksin juga tidak benar.

“Info itu tidak benar, data riset menunjukkan bahwa varian ini tidak berpengaruh secara signifikan terhadap efikasi vaksin yang sudah beredar, Pfizer, Moderna, AstraZeneca, maupun Sinovac,” kata dia.

Baca Juga  Tetap Tarawih di Musala, Imam Positif Corona Bikin Puluhan Jamaah ODP

Diberitakan sebelumnya,  Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono mengonfirmasi temuan dua kasus mutasi virus jenis baru B117-UK di Indonesia.

Mutasi virus Covid-19 tersebut ditemukan dari dua wanita warga Karawang. Mereka adalah pekerja migran di Arab Saudi dan tiba di Indonesia pada akhir Januari 2021.

Varian Corona Inggris B117 ini dikabarkan sudah menyebar di setidaknya 60 negara. Berdasarkan catatan WHO, varian virus Corona B117 ini diyakini 70 persen lebih menular.

  • Bagikan