Catat, Puskesmas Kajang Tidak Menerima Layanan Persalinan, Ini Alasannya – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel

Catat, Puskesmas Kajang Tidak Menerima Layanan Persalinan, Ini Alasannya

  • Bagikan
Foto: Ilustrasi (BONEPOS.COM)

BONEPOS.COM, BULUKUMBA – Tercatat sejak hari ini, Senin (8/3/2021) sampai Selasa (9/3/2021). Puskesmas Kajang tidak melayani proses Persalinan.

Bukan hanya itu, Puskesmas yang mengcover 17 desa dan dua kelurahan ini juga, menutup layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), rawat jalan, hingga rawat jalan.

Hal itu dilakukan setelah dua orang perawat dan satu tenaga kesmas di Puskesmas Kajang, Kabupaten Bulukumba, terkonfirmasi positif Covid-19 per Sabtu (6/3/2021) lalu.

Kepala Puskesmas Kajang, Sirajuddin mengakui hal itu. Dia bilang, seluruh pelayanan yang ada di Puskesmas Kajang terpaksa ditutup selama dua hari.

Baca Juga  BPJS Kesehatan Klaim Indeks Kepuasan Masyarakat Capai 88 Persen, Ini Alasannya

Itu dilakukan karena seluruh ruangan puskesmas akan disemprot disinfektan sebagai upaya sterilisasi. Memutus mata rantai penularan Covid-19 yang masih mewabah.

“Jadi layanan hanya ditutup dua hari, hanya selama proses penyemprotan berjalan. Tidak ditutup dalam waktu lama ji,” tegasnya saat dikonfirmasi via telepon, Senin (8/3/2021).

Sirajuddin melanjutkan, tiga orang yang terkonfirmasi positif Sabtu kemarin, merupakan hasil swab yang dilakukan pada Senin (1/3/2021) lalu. Itu bersumber dari 21 orang, jumlah keseluruhan tenaga medis yang diswab.

Baca Juga  Terpapar Covid-19, Dokter di Makassar Berjuang Raih Magister Kesehatan  

“Tenaga medis yang terkonfirmasi ini sedang melakukan isolasi mandiri di rumah. Selain itu kami juga melakukan scrining kontak kepada petugas lain. Dan, akan kembali melakukan tes swab jika ada yang terdeteksi reaktif,” jelasnya.

Selama penutupan Puskesmas, seluruh layanan dialihkan sementara ke puskesmas terdekat dan memanfaatkan Pustu yang ada di 17 desa dan dua kelurahan yang tersebar di Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. (*)

  • Bagikan