Gowa Dikepung Banjir; Catering Madinah hingga Perumahan Polri Terendam – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel Best Automated Bot Traffic

Gowa Dikepung Banjir; Catering Madinah hingga Perumahan Polri Terendam

  • Bagikan
Foto: Suasana banjir yang melanda pemukiman warga di Jalan Yusuf Bouty di Kelurahan Paccinongang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. (SYAHRUL/BONEPOS.COM)

BONEPOS.COM, GOWA – Ribuan rumah milik warga di Jalan Yusuf Bouty Kelurahan Paccinongang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, terendam banjir.

Banjir bandang yang melanda Kelurahan Paccinongang ini membuat perumahan elite dan rumah warga terdampak banjir.

Kepala Kelurahan Paccinongang, Andi Pangeran Subair Z mengatakan, banjir yang melanda Jalan Yusuf Bouty di Kelurahah Paccinongang ini mulai surut, setelah banjir yang terjadi kemarin setinggi perut dan setinggi paha di badan jalan.

“Alhamdulillah kita lihat sendiri hari ini, air sudah mulai surut kemarin kurang lebih dua hari kita lihat intensitas curah hujan cukup tinggi, jadi dampak mengakibatkan banjir,” kata Andi Pangeran, Kamis (11/2/2021).

Baca Juga  Relawan Lanjutkan Pencairan Korban Banjir Bandang Luwu Utara

Dirinya menjelaskan, banjir yang terjadi ini merupakan yang terparah di Jalan Yusuf Bouty.

Beberapa perumahan warga termasuk perumahan elite Citra Garden, juga terkena dampak banjir.

“Antara lain juga BTN Polri Manggarupi, saya sempat mengevakuasi warga, itu setinggi perut saya (dewasa, red), kemudian ada perumahan Padi Recidance, mungkin tahun ini baru terkena imbas dari banjir,” tambahnya.

Kepala Lurah Paccinongang menjelaskan, banjir yang tinggi kali ini diduga penyebab karena dampak dibukanya pintu elevasi bendungan Bili-bili Kabupaten Gowa.

“Mungkin salah satunya ini karena dibukanya pintu air (Bili-bili, red) Karena kita tahu air mengalirnya ini mulai dari Kelurahan Tamarunang, Batangkaluku, itu lari ke Paccinongang semua, dan hilirnya itu ada di kelurahan Tombolo, otomatis yang dilewati di sini, drainase juga endapannya sudah tinggi jadi debit air tidak seimbang,” bebernya.

Baca Juga  [UPDATE] Banjir di Aceh Jaya Meluas, Segini Jumlah Warga Terdampak

Kemudian lebih jauh kata Andi, bahwa lokasi ini adalah memang dahulunya adalah persawahan yang kemudian dijadikan pemukiman warga.

“Otomatis penampungan-penampungan air ini sudah berkurang, cuma kami dari pemerintah telah berkoordinasi ke atas dalam hal ini Bapak Bupati Gowa, memerintahkan seluruh jajarannya, tahun ini akan dilaksanakan pembenahan normalisasi drainase sepanjang jalan Yusuf Bouty,” tukasnya. (*)

Temukan Kami:
  • Bagikan