BONEPOS.COM, Makassar – Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar peringatan Isra Mikraj 1442 Hijriah/ 2021 Miladiah secara virtual, Rabu (10/3/2021).

Meski lewat virtual dan offline, peringatan Isra Mikraj ini dirangkaian dengan penyampaian hikmah Maulid oleh Abdul Haris (Dekan Fakultas Pertanian UMI Makassar).

Rektor UMI Prof Basri Modding dalam sambutannya menekankan, salah satu tujuan penting menjalankan salat adalah memperbaiki hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan Allah.

“Merefleksikan Isra Mikraj ini dengan aktivitas. Memaknai intinya bagaimana membiasakan salat sebagai perpaduan hablu minannas dan hablu minallah,” jelas Prof Basri Modding.

Mantan Direktur PPs UMI ini juga berpesan agar civitas akademika UMI untuk senantiasa memelihara ibadahnya dengan baik dan senantiasa bertakwa kepada Allah SWT melalui salat.

“Hikmah Isra adalah meneladani dan menjalankan apa yang dirintis oleh nabi SAW, karena mengandung nilai penting harus dipedomani,” ungkapnya.

Dalam memperingati hari besar Islam yang sudah menjadi tradisi di UMI ini, Mokhtar Noer Jaya menekankan pentingnya untuk memperhatikan kualitas ibadah, salah satunya adalah salat.

“Yang harus diperhatikan adalah kualitas salat kita semua. Kualitas salat kita itu tercermin dalam kehidupan kita sehari-hari dalam menjalankan segala aktivitas kehidupan,” paparnya.

“Bahkan bukan hanya kualitas, namun juga kuantitas. Bagaimana kita mendorong kebiasaan salat kita mulai dari yang wajib hingga yang sunnah,” lanjut Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI itu.

Sementara itu, Ketua Pembina YW UMI Prof Mansyur Ramli menyebutkan, peristiwa Isra Mikraj ini adalah sejarah yang luar biasa.

Meskipun para ulama sampai saat ini masih mendiskusikan apakah ini perjalanan rohani atau juga dengan jasad Rasulullah.

“Namun yang paling penting, salah satu oleh-oleh dari peristiwa ini adalah perintah mendirikan salat,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan Isra Mikraj, Ishaq Shamad, menyampaikan peringatan Isra Mikraj di lingkup UMI merupakan acara yang rutin digelar setiap tahunnya sebagai salah satu perwujudan integrasi ajaran Agama Islam bagi civitas akademika UMI.

“Tentu melalui momentum Isra Mikraj hendaknya senantiasa kita tingkatkan salat agar integerasi keislaman semakin kuat. Lebih penting kita doakan kemajuan UMI ke depan,” tandasnya. (*)