Sampah Menumpuk, Lurah Masumpu: Kurangnya Kesadaran Masyarakat – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel

Sampah Menumpuk, Lurah Masumpu: Kurangnya Kesadaran Masyarakat

  • Bagikan
Foto: Lurah Masumpu Andi Kumala Sari bersama Brimob Yon C Pelopor bergotong royong bersihkan sampah berlumpur. (SUGIANTO/BONEPOS.COM)

BONEPOS.COM, BONE — Kegiatan operasi kebersihan lintas sektor, program kecamatan terus digalakkan dengan sasaran titik kumuh di setiap kelurahan.

Seperti yang ditunjukkan aksi peduli kebersihan lingkungan yang melibatkan Camat dan Lurah bersama masyarakat, TNI-Polri serta instansi terkait itu kembali bergotong royong melakukan pembersihan di bantaran sungai, di Jl Sambaloge Baru, Kelurahan Masumpu Kecamatan Tanate Riattang, Kabupaten Bone, Kamis (11/3/2021).

Kegiatan operasi kebersihan lintas sektor itu dilakukan di tujuh titik di setiap kelurahan.

“Lokasi ini menjadi sasaran pembersihan karena titik ini paling kumuh dan becek sehingga bila hujan air masuk ke rumah-rumah warga,” beber Lurah Masumpu A. Kumala Sari.

Menurutnya, penyebab terjadinya penumpukan sampah yang menyebabkan bau tak sedap itu karena kurangnya kesadaran masyarakat yang membuang sampah sembarangan tempat.

Baca Juga  Breaking News : Gempa Banten 7,4 SR 18 Daerah Berpotensi Tsunami

“Jadi dibutuhkan kesadaran masyarakat karena kebersihan ini untuk menjaga kesehatan juga apalagi di tengah wabah pandemi sekarang ini. Semoga dengan adanya kerja bakti lintas sektor ini ada kesadaran masyarakat tidak membuang sampah lagi sembarangan,” harapnya.

Camat Tanete Riattang Andi Kumala Dewi Salahuddin berujar, kegiatan kerja bakti lintas sektor ini telah ditindaklanjuti ke seluruh Lurah untuk memilih sasaran titik paling kumuh di wilayahnya.

“Lurah Masumpu memilih titik di Jl Sambaloge Baru ini sampai ujung bantaran sungai Sitoppoe dan personel kita bagi dengan melibatkan kendaraan berat eskapator dari kementerian,” ungkapnya.

Baca Juga  Innalillah, IYL Meninggal di Jepang

Menurutnya daerah aliran sungai Sitoppoe ini adalah kawasan paling jorok dan kumuh sehingga diminta bantuan sejumlah Armada dari Badan Lingkungan Hidup.

Camat menambahkan, pihaknya sudah melaksanakan kegiatan yang sama di beberapa kelurahan.

Di samping kerja bakti itu, pihak Puskesmas Biru yang juga turut berpartisipasi kepada masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih, sehat, dan menjaga kebersihan lingkungannya.

Dari pantauan Boneposcom, Camat Tanete Riattang Andi Kumala Dewi bersama Lurah Masumpu A. Kumala Sari terjun langsung bersama tim dan warga mengeroyok sampah di sepanjang lokasi bantaran sungai Sitoppoe itu. (*)

Penulis: Sugianto
Editor: Muspitta

  • Bagikan