Pemkab Sinjai Dorong Partisipasi Anak Membangun Daerah – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel

Pemkab Sinjai Dorong Partisipasi Anak Membangun Daerah

  • Bagikan
Foto: Musrenbang Anak digelar di Aula Kantor Bappeda Sinjai. (ANDI IRFAN ARJUNA/BONEPOS.COM)

BONEPOS.COM, SINJAI – Dalam rangka mendorong partisipasi anak dalam pembangunan daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sinjai menggelar Musrenbang Anak, yang berlangsung di Ruang Rapat Kantor Bappeda Sinjai yang dibuka Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong lewat via daring, Selasa (23/3/2021).

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Provinsi Sulsel, Fitriah Zainuddin serta serjumlah Kepala OPD Lingkup Pemkab Sinja dan Camat, masing-masing mengikuti Mursenbang anak ini dari kantornya melalui via zoom.

Kepala Bappeda Sinjai, Irwan Suaib menjelaskan, pemenuhan hak pastisipasi anak dalam pembangunan daerah sebagai salah satu indikator Kabupaten Layak Anak, yang telah mengantarkan Kabupaten Sinjai mendapat predikat Kabupaten Layak Anak tingkat pratama.

Baca Juga  Tertembaknya Seorang Residivis di Sinjai

“Pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan anak ini adalah upaya pemerintah daerah dalam pemenuhan hak partisipasi anak dalam pembangunan,” ujarnya.

Plt Kepala Dinas Infokom Sinjai ini menambahkan, pelaksanaan Musrenbang anak ini, peserta didampingi fasilitator anak dan fasilitator perencana anak yang telah diberikan pelatihan sebelumnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong yang membacakan sambutan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengatakan, Musrenbang anak yang dilaksanakan merupakan amanat dari undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, telah mengatur akan pemenuhan hak partisipasi anak.

Oleh karena itu, kata Andi Kartini, atas dasar Undang-undang tersebut hadir membuka ruang bagi anak-anak melalui Musrenbang anak, sebagai wadah untuk menyampaikan pandangan, aspirasi, keinginan, serta kebutuhan anak itu sendiri.

Baca Juga  Diguyur Hujan, Begini Aksi Petugas Covid-19 di Sinjai

“Musrenbang anak ini merupakan bentuk pemenuhan hak dasar dalam konvensi hak anak, khususnya hak untuk berpartisipasi menyatakan pendapat dalam segala hal yang mempengaruhi anak. Melalui kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi anak untuk memberikan ide-ide yang bermanfaat dalam pembangunan daerah,” terangnya.

Andi Kartini menambahkan, hal ini sejalan dengan visi RPJMD Kabupaten Sinjai Tahun 2018-2023 yaitu, terwujudnya masyarakat Sinjai yang nandiri, berkeadilan, dan religius melalui peningkatan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing.

“Semoga anak-anakku sekalian yang mengikuti kegiatan ini dapat mewujudkan visi tersebut yakni, menjadikan anak-anak kita sumber daya manusia kabupaten sinjai yang unggul dan berdaya saing dimasa yang akan datang,” harapnya. (*)

  • Bagikan