Catat! Ini Rangkaian Peringatan Hari Jadi Bone ke 691 – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel Best Automated Bot Traffic

Catat! Ini Rangkaian Peringatan Hari Jadi Bone ke 691

  • Bagikan
Foto: Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Bone, Barham Bahtiar. (HERMAN/BONEPOS.COM)

BONEPOS.COM, BONE – Pemerintah Kabupaten Bone akan menggelar Peringatan Hari Jadi Bone ke 691 tahun yang rencananya akan dilangsungkan pada 6 April 2021 mendatang.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Bone Barham Bahtiar yang ditemui membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, rundown kegiatannya sudah tersusun.

Kegiatan pertama akan dilakukan yaitu Mallekke Toja berupa pengambilan air di tujuh sumur untuk proses Mattompang Arajang. Rencananya 28 Maret 2021. Biasanya disemayamkan di Bola Soba tapi kali ini disemayamkan di Arajangnge.

Kegiatan selanjutnya pada 29 Maret yaitu Pra Mattompang pembersihan benda-benda pusaka warisan kerajaan yang berlangsung di Arajangnge, selanjutnya baru melakukan ziarah ke makam-makam raja Bone.

“Tanggal 30 ziarah makam raja ke 9 di Bukukumba, kemudian ziarah ke makam raja 11 di Bantaeng, selanjutnya 31 rombongan melakukan ziarah makam raja ke 15 Arung Palakka dan Raja ke 19, dan setelah itu kita juga akan ziarahi makam Sultan Hasanuddin,” jelas Barham.

Baca Juga  Potret Bupati Fahsar Cs Ziarah Makam Raja Bone di Bulukumba dan Bantaeng

Lanjut kata Barham, setelah ziarahi Makam Sultan Hasanuddin, rombongan berangkat ke Tallo, di sana juga ada makam raja. Selanjutnya ziarah ke makam raja di Taman Makam Pahlawan sekaligus ke makam Jenderal Yusuf.

“Setelah acara ziarah ke makam raja-raja, baru bapak Bupati membawa undangan secara resmi ke Plt Gubernur dan petinggi Sulsel secara adat yang didampingi oleh unsur forkopimda dengan menggunakan baju adat,” tambahnya.

Setelah membawa undangan ke petinggi Sulsel, rombongan Bupati kembali akan ziarah ke Makam Raja ke 28, La Tenriawaru dan Pancaitana di Pinrang setelah itu baru ziarah makam raja-raja yang ada di Kabupaten Bone.

Baca Juga  Positif Corona di Bone Capai Tujuh Orang, Begini Kronologinya

“Ada sekitar 500an undangan yang disebar, baik itu internal dan juga eksternal, selanjutnya pada 5 April juga akan dilakukan penyembelihan hewan kerbau, kemudian malamnya peringatan Isra Mikraj,” tambahnya.

“Tanggal 6 dilakukan Sidang Paripurna Istimewa di DPRD dalam rangka HJB, kemudian tanggal 7 Mattompang Arajang, untuk kegiatan kebudayaan atau hiburan lainnya untuk sementara ditiadakan tapi tidak menutup kemungkinan ketika ada masyarakat yang ingin melakukan kegiatan tetap diberikan izin namun harus tetap melakukan protokol kesehatan dan dijaga ketat,” tutupnya. (*)

  • Bagikan