Waspada Cuaca Ekstrem, Begini Penjelasan BMKG – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel

Waspada Cuaca Ekstrem, Begini Penjelasan BMKG

  • Bagikan

BONEPOS.COM, BONE – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Peotere Makassar mengeluarkan Surat Edaran peringatan dini cuaca ekstrem yang mengakibatkan terjadinya gelombang tinggi diperkirakan terjadi pada Kamis (1/4/2021) hingga Sabtu (3/4/2021) pukul 20.00 Wita.

Terkait Edaran tersebut disampaikan hasil pemantauan BMKG bahwa tinggi gelombang 1.25-2.5 M (sedang) berpeluang terjadi di perairan Parepare, perairan Spermode Pangkep dan Teluk Bone.

Sementara tinggi gelombang 2.5-4.0 M (tinggi) berpeluang terjadi di Selat Makassar bagian selatan, perairan Spermode Makassar, perairan Kepulauan Selayar, perairan P. Bonerate – Kalaotoa, dan perairan Sabalana.

Baca Juga  Tokoh Syiah dan Cendikiawan Jalaluddin Rakhmat Meninggal Dunia

Begitu pula tinggi gelombang 4.0-6.0 M (tinggi) berpeluang terjadi di Laut Flores.

Sehubungan dengan peringatan tersebut, BMKG menyampaikan ke seluruh operator kapal, nakhoda khususnya juragan kapal tradisional yang beroperasi di Pelabuhan Paotere dan Dermaga Kayu Bangkoa diminta agar tidak memaksakan diri untuk berlayar.

Selain itu, diminta pula untuk melakukan pemantauan kondisi cuaca dan tinggi gelombang sekurang-kurangnya 6 jam sebelum kapal berlayar dan melaporkan hasilnya kepada Syahbandar pada saat mengajukan permohonan SPB. (*)

Baca Juga  Sebelum Positif Covid-19, Arief Sempat Kunjungan Kerja ke Makassar
  • Bagikan