Gunung Sinabung Erupsi, Muntahkan Abu Hingga Ketinggian 2.000 M – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel

Gunung Sinabung Erupsi, Muntahkan Abu Hingga Ketinggian 2.000 M

  • Bagikan

BONEPOS.COM – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengalami erupsi Minggu (4/4/2021) dengan ketinggian kolom abu vulkanik 2.000 meter dari atas puncak gunung.

Menurut Kepala Pos Pantau Sinabung Armen Putra, kolom abu tersebut berwarna kelabu dengan intensitas tebal yang condong mengarah ke arah timur dan tenggara Gunung Sinabung.

“Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 73 mm dan durasi lebih kurang 5 menit 31 detik,” kata Armen, dikutip dari ANTARA.

Armen menjelaskan, Gunung Sinabung dengan ketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) berstatus Level III alias Siaga.

Baca Juga  Legislator Bone Sebut Pengerjaan Aspal Rp 24 M di Ponre Bone Parah Sekali

Karena itu dia mengimbau kepada seluruh warga dan petani untuk tidak melakukan aktivitas di desa yang sudah direlokasi.

“Kami mengimbau juga jangan melakukan aktivitas dalam radius 3 km dari puncak gunung dan juga di radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, serta di radius 4 km untuk sektor timur-utara,” kata Armen.

Ia juga mengimbau masyarakat yang tinggal di dekat sungai dengan hulu di Gunung Sinabung untuk tetap waspada dan menjaga diri masing-masing dari erupsi yang berimbas pada munculnya aliran lahar.

Baca Juga  Cerita Perjuangan Kemendagri Rekam Data Kependudukan Warga Suku Anak Dalam

“Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar,” terangnya.

Terakhir, Armen juga meminta masyarakat di sekitar Gunung Sinabung untuk waspada kemungkinan terjadinya hujan abu. Ia meminta warga untuk mengggunakan masker apabila harus keluar rumah dan segera mengamankan sarana air bersih kemudai membersihkan atap rumah dari hujan abu vulkanis yang lebat agar atap rumah tidak roboh dan membahayakan penghuni di dalamnya.

  • Bagikan