Lomba Kaligrafi Lontara Bugis Sedot Perhatian – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel

Lomba Kaligrafi Lontara Bugis Sedot Perhatian

  • Bagikan
FOTO : Antusias siswa mengikuti lomba Kaligrafi Lontara Bugis jelang HJB Ke-691. (SUGIANTO/BONEPOSCOM)

BONEPOS.COM, BONE – Sekretaris PGRI Kabupaten Bone Nursalam membuka secara langsung lomba Pidato Bahasa Bugis dan lomba Kaligrafi Lontara Bugis.

Lomba yang pertama kalinya digelar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Cabang Tanete Riattang Timur itu berlangsung di ruang Laboratorium Komputer UPT SMP Negeri 3 Watampone, Jl MH. Thamrin, Kabupaten Bone, mulai 2 hingga 6 April 2021.

Lomba dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Bone ke-691 itu diikuti guru dan siswa dari seluruh jenjang, TK, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA sederajat.

Kegiatan tersebut mendapat dukungan serta apresiasi penuh semua anggota PGRI Cabang Kecamatan Tanete Riattang Timur dan wajib diikuti seluruh Ranting PGRI.

Sekretaris Cabang PGRI Tanete Riattang Timur Muh. Ridwan mengatakan, kegiatan ini pertama kali dilaksanakan dan akan dijadikan agenda tetap setiap tahun.

“Ini program pertama yang dilaksanakan untuk dijadikan agenda setiap tahun,” harap Ridwan.

Pengawas Sekolah di Tanete Rittang Timur ini juga menyampaikan bahwa ada 13 Bahasa Daerah terancam bakal punah sehingga itu PGRI sepakat untuk mengembangkan bahasa daerah Bugis ini ke depan.

Baca Juga  Rumah Panggung di Bone Ludes Terbakar, Puluhan Juta Melayang

“Oleh karena itu, harapan kami kita eksiskan bahasa Bugis kita ini, dan diharap ada dukungan dari bawah untuk dilakukan pembinaan ke depan,” harapnya.

Sementara itu Sekretaris PGRI Kabupten Bone Nursalam mengapresiasi kegiatan ini yang dinilai sangat bermanfaat dalam rangka melestarikan bahasa Bugis.

“Saya sangat mengapresiasi dan terima kasih kepada PGRI Tanete Riattang Timur yang satu-satunya Cabang Kecamatan yang melaksanakan kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Bone ke-691 ini,” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat dalam rangka melestarikan bahasa Bugis dengan mengedepankan aspek kebugisan yang perlu dilestarikan.

“Ini potensi yang perlu dilestarikan ke depan dan prospeknya cukup besar karena bisa dikembangkan di sekolah dan bisa diajarkan oleh sekolah,” harapnya.

Nursalam juga menyarankan agar lomba tersebut bisa dikembangkan dalam lomba menulis dalam bahasa Bugis atau aksara Lontara.

Baca Juga  Kajati Bawa Pujaan Hati Sambangi Rujab Bupati Bone 1,5 Jam

Camat Tanete Riattang Timur Andi Arman Boby, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sama.

Menurutnya kegiatan lomba itu terlaksana meski dalam suasana pandemik Covid-19. “Ini patut kita apresiasi karena agendanya pas Hari Jadi Bone dan momen ini sangat tepat, yang pasti PGRI Tanete Riattang Timur luar biasa,” ujar A. Arman Boby.

Lomba kali ini untuk kaligrafi Lontara Bugis digelar dengan luring terbatas dan tetap mematuhi protokol kesehatan, sementara lomba pidato bahasa bugis dilaksanakan secara during dengan mengirim video ke pihak panitia.

Adapun pelaksanaan kegiatan lomba dijadwalkan berlangsung hingga Selasa (6/4/2021).

Pada acara pembukaan turut hadir, Danramil Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kepala KUA Muhammad Riduang, Ketua Cabang PGRI Tanete Riattang Timur Andi Ruslianto beserta pengurus Cabang PGRI Tanete Riattang Timur. (*)

  • Bagikan