BONEPOS.COM, SINJAI – Menindaklanjuti imbauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) agar mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah perairan dalam sepekan ke depan.

Kapolsek Pulau sembilan, Iptu Sasmito memberikan imbauan kepada masyarakat sekitar Pulau Kambuno, Minggu (4/4/2021).

Perubahan cuaca seperti yang diprediksikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika tersebut sudah mulai dirasakan masyarakat Pulau Sembilan sejak 5 hari yang lalu, perubahan angin hingga kecepatan 30 Km/jam.

Iptu Sasmito mengimbau kepada para nahkoda kapal penumpang yang akan melakukan perjalanan menuju kota Sinjai, serta kepada para nelayan yang ada di sekitar Pulau Kambuno.

Imbauan yang wajib dilaksanakan bagi kapal penumpang agar nakhoda kapal memperhatikan kapasitas penumpang sesuai ketentuan.

Selain itu juga kelengkapan penumpang seperti pelampung juga harus tersedia sesuai jumlah penumpang.

“Kami yakin dalam kondisi perubahan cuaca seperti ini para nakhoda sudah biasa menghadapi. Tetapi ketentuan kapasitas dan kelengkapan penumpang wajib dipatuhi,” ujarnya.

Kewaspadaan dan kehati-hatian yang sangat perlu diperhatikan oleh warga yang mayoritas berprofesi nelayan, agar bisa membaca situasi untuk tidak terlalu jauh melakukan penangkapan ikan dan kegiatan lainya di laut.

“Selain kewaspadaan menghadapi perubahan cuaca, selalu kita ingatkan kepada masyarakat Pulau Sembilan di masa pandemi agar tetap menjalankan protokol kesehatan dalam beraktivitas di sekitar lingkungannya,” pungkasnya. (*)