Mattompang Arajang, Pesan Sakral dari Bumi Arung Palakka – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel

Mattompang Arajang, Pesan Sakral dari Bumi Arung Palakka

  • Bagikan
FOTO : Plt Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman bersama Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi sedang memegang salah satu benda pusaka sebelum dibersihkan pada ritual adat Mattompang Arajang dalam rangka HJB ke-691. (SUGIANTO/BONEPOS.COM)

BONEPOS.COM, BONE – Pemerintah Kabupaten Bone melakukan ritual adat Mattompang Arajang atau membersihkan benda-benda pusaka dalam puncak Hari Jadi Bone ke-691, Rabu (7/4/2021).

Prosesi sakral Mattompang Arajang dalam rangka Hari Jadi Bone ke-691 digelar secara terbuka di pelataran Kompoles Rumah Jabatan Bupati Bone.

Tamu undangan yang hadir menyaksikan ritual puncak kegiatan itu terbatas karena masih dalam suasana Pandemi Covid-19 dan dilaksanakan dengan penerapan protokoler kesehatan yang cukup ketat.

“Kegiatan ini merupakan bentuk penghargaan kepada leluhur atas kebesaran yang telah pernah mereka raih dalam kebijaksanaan yang diwariskan serta salah suatu kegiatan untuk menjaga tradisi bugis,” tutur Bupati Fahsar.

Baca Juga  Buka Konferwil Fatayat NU ke XV, Plt Gubernur Sulsel Tunggu Ide untuk Kesejahteraan Masyarakat

Bupati menuturkan bahwa di masa silam dan sampai saat ini prosesi Mattompang Arajang dilaksanakan oleh para Bissu atau restu Raja selanjutnya para Bissu melakukan perjalanan menuju mata air tujuh atau Mellekke Toja yang berada di tempat yang berbeda-beda yaitu Bubung Bissu, Bubung Barani, Bubung Tello, Bubung Laccokkong sebagai bahan pembersihan pusaka.

Tahap selanjutnya Mappaota (Memmatorilangi) dan akhirnya Massosoro Mattompang Arajang.

Benda-benda pusaka peninggalan Kerajaan Bone yang dibersihkan diantaranya Teddung Pulaweng (Payung Emas).

Juga ada Pusaka Raja Bone, Salempang Pulaweng, Keris La Mattawa, Kalewang Lateya Riduni, Kalweang Alameng, Pusaka Raja Bone Arung Palakka, Tombak Lasalaga, Alameng Tatarapeng senjata Ade Pitu.

Baca Juga  Catatan Sidak Bupati Fahsar di Hari Pertama Kerja Pasca Lebaran

Ritual itu dipimpin langsung Bissu di depan para pejabat Provinsi Sulsel dan pejabat Bone serta sejumlah pejabat dari luar Bone.

Ritual adat Mattompang Arajang dalam rangka HJB ke-691 hadir pula sejumlah tokoh, pejabat kelahiran Kabupaten Bone Plt Gubernur Sulsel A. Sudirman Sulaiman, Anggota DPR RI A. Rio Idris Padjalangi, Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam dan Anggota DPRD Provinsi Sulsel. (*)

  • Bagikan