Es Kopiyor; Menu Gurih Bikin Nagih – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel

Es Kopiyor; Menu Gurih Bikin Nagih

  • Bagikan
Es Kopiyor; Menu Gurih Bikin Nagih

BONEPOS.COM, BULUKUMBA – Ada banyak menu buka puasa yang menggiurkan. Mulai dari minuman yang dingin-dingin seperti es buah, es cincau, atau salad buah misalnya.

Nah, takjil jenis ini selalu diburu pembeli, karena rasa manis dan kesegarannya yang bisa menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa.

Namun, ada lagi satu takjil sederhana yang rekomendasi untuk jadi minuman buka puasa Anda. Namanya, Es Kopiyor.

Meski tak sefamiliar es-es lainnya, namun rasa manis dan gurih dari es kopiyor bisa membuat ketagihan.

Sepintas minuman ini mirip es kelapa muda. Ada seratan-seratan berwarna putih di setiap sajiannya. Apalagi ditambah sirup yang identik dengan warna merah mudanya. Semakin menambah kesegaran.

Namun es Kopiyor dan es kelapa muda ini berbeda rasanya. Meski tetap menggunakan bahan utama dari kelapa.

Baca Juga  Telur Ayam Ini Tidak Bisa Dikonusmi, Mengapa?

Konon, Kopiyor merupakan bentuk kelapa yang tak normal dari buah kelapa, yang memiliki daging buah lebih lunak dan rasa khas yang lebih manis dan gurih. Jika buah kelapa ini dibelah, maka akan terlihat daging buahnya yang terlepas dan mengumpul jadi satu di bagian tengah.

Berbeda dengan daging buah kelapa umumnya yang melekat kuat di tempurung atau di batok kelapanya. Sebab keunggulan itu serta tidak semua buah kelapa adalah kelapa Kopiyor (sulit didapat), maka harganya pun lebih mahal karena sulit didapatkan.

Oleh sebab itu, es Kopiyor kini telah dimodifikasi menggunakan ‘kopiyor sintetis’.

Komponen utama es kopiyor yakni sari kelapa atau santan kelapa. Yang telah diparut lalu diperas. Kemudian dicampur dengan agar-agar dengan tambahan susu bubuk. Lalu dimasak hingga matang.

Baca Juga  Biskuit Oreo Supreme Harga Jutaan, Mau Nyoba?

Setelah itu, adonan ini dituang secara perlahan ke batu es. Setelah semua terbentuk seperti serutan kelapa muda. Kemudian dicampur dengan sirup dan susu kental manis. Jika ingin lebih terlihat menarik, tambahkan biji selasi yang sebelumnya telah direndam dengan air panas.

“Rasanya itu enak. Gurih deh pokoknya. Segar juga. Bisalah jadi pilihan untuk buka puasa,” ucap salah seorang penikmat es Kopiyor, Reski Anti (16) kepada Boneposcom, Selasa (13/4/2021).

Sebelum dikonsumsi, ada baiknya minuman ini disimpan di dalam lemari pendingin agar rasanya lebih nikmat. (*)

  • Bagikan