Pemerintah Naikkan Tarif Listrik, Komisi VII DPR Angkat Bicara – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel

Pemerintah Naikkan Tarif Listrik, Komisi VII DPR Angkat Bicara

  • Bagikan

BONEPOS.COM – Pemerintah dikabarkan akan menaikkan tarif listrik ditengah masa pandemi pada kuartal III 2021 atau 1 Juli 2021. Mengetahui hal tersebut Komisi VII DPR, Mulyonto menilai keputusan Pemerintah ini tak berperasaan.

“Menurut saya, bicara soal kenaikan tarif listrik saat pandemi masih merebak seperti sekarang ini, sungguh melukai hati masyarakat. Tidak ada rasa welas asih,” ujar Mulyanto, dalam keterangannya, Rabu (14/4/2021).

Seharusnya, kata Mulyanto, pemerintah memperpanjang stimulus listrik bagi masyarakat dan UMKM yang membutuhkan. “Bukan malah menaikan tarif listrik,” tegas dia.

Baca Juga  FPI Dibubarkan Pemerintah, Pengamat Hukum : Belum Tepat

Politikus PKS ini menilai, pola fikir pemerintah dan PLN keliru yang berniat menaikan tarif listrik pada saat kondisi ekonomi rakyat belum pulih. Dia merasa, kebijakan itu bukan mengurangi beban rakyat, melainkan berniat untuk menambah beban masyarakat.

“Seharusnya, selama ekonomi dan daya beli masyarakat masih lemah, maka negara harus bahu-membahu membantu meringankan beban dan mendorong meningkatkan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

“PKS menolak tarif adjustment. Mau pakai istilah apapun kalau ujung-ujungnya akan memberatkan masyarakat akan kami tolak,” tambah Mulyanto.

Baca Juga  Berita Duka, Jemaah Haji Bone Meninggal di Makkah

Sebelumnya, pemerintah berencana akan menaikan tarif listrik pada kuartal III 2021 atau mulai 1 Juli 2021 mendatang. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menjelaskan, kenaikan dilakukan lantaran pemerintah tidak pernah  melakukan penyesuaian tarif listrik sejak 2017.

Pemerintah berencana akan memberi dana kompensasi kepada PLN, guna mengganti biaya yang dikeluarkan lantaran menjual listrik dengan tarif di bawah harga wajar.

  • Bagikan