Mau Panjang Umur, Yuk Sedekah! – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel

Mau Panjang Umur, Yuk Sedekah!

  • Bagikan

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Keutamaan sedekah menjadi topik hangat pada pesantren Ramadan Virtual UMI. Menghadirkan Narasumber Dekan Fakultas Hukum UMI Prof.Dr.H.Laode Husein, SH, M.H. Hadir Wakil Dekan IV Fakultas Sastra UMI Dr. Surani, M.A, Kabid Konseling UPT.PKD Syahrul, M.Psi, sejumlah dosen dan ratusan mahasiswa dan jamaah umum.

Prof.Laode menjelaskan sedekah, artinya pemberian kepada seseorang dengan penuh keikhlasan. Bahkan jika ada umat Islam yang tidak mau bersedekah, maka bisa ada ancaman dimana shalatnya dianggap tidak khusyu’. Di sinilah pentingnya bersedekah, terutama di bulan Ramadan ini, 1 biji beras yang disedekahkan bisa belipatganda sampai 700 nilainya di sisi Allah Swt.

Selain itu, sedekah yang dilakukan bisa mendapatkan rejeki dari Allah, dan akan menjadi tenang jiwanya serta mendapatkan jaminan untuk dijauhkan dari segala musibah.

Baca Juga  Alquran Sebagai Pengobat, Ini Deretan Manfaatnya

“Bahkan sedekah yang berkelanjutan akan menghilangkan kesenjangan di kalangan masyarakat, antara si kaya dan si miskin,” tuturnya.

Host Dr.M.Ishaq Shamad menambahkan, sedekah, bukan hanya dalam bentuk harta benda, namun dengan sikap dan perbuatan, misalnya senyum, itu juga merupakan sedekah.

Selain itu, sedekah berupa harta lebih afdal diberikan kepada keluarga terdekat lebih dahulu, baru ke orang lain.

Demikian pula Dr. Surani sangat sependepat bahwa sedekah bukan hanya dalam bentuk materi, tetapi anjuran di masjid untuk menyuruh orang menerapkan protokol kesehatan, adalah bagian dari sedekah, karena dengan begitu akan menjaga kelangsungan jiwa seseorang untuk terhindar dari Pandemi Covid-19.

Baca Juga  Wanita Cantik Boyong Piala Bergilir dan Rp15 Juta, Ini Orangnya

Abd. Hamid Sulaiman menambahkan dengan bersedekah, telah dijamin oleh Allah Swt di dalam Alquran, akan digantikan berkali-kali lipat. Oleh karena itu, jangan ragu untuk banyak bersedekah dan membantu orang lain, terutama di bulan Ramadan ini.

Selanjutnya Syahrul mengisahkan seorang pemuda yang sudah seharusnya tiba ajalnya, namun karena sehari sebelumnya ia menyumbangkan harta bendanya, sehingga Allah menunda ajalnya dan bahkan memberikan umur yang lebih Panjang kepadanya.

Maka dari itu, dengan bersedekah dapat membuat hidup lebih Bahagia, aman, dan umur dipanjangkan oleh Allah Swt. (*)

  • Bagikan