BONEPOS.COM, KENDARI – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman melaksanakan Tarawih malam ke tujuh di Masjid Al Alam, Kendari, Sulawesi Tenggara, Minggu malam (18/4/2021).

Di kesempatan itu, Andi Sudirman menyampaikan sambutannya pada jemaah di Masjid Terapung yang berdiri di tengah teluk Kendari ini menjadi ikon wisata religi.

Andi Sudirman menyampaikan apresiasinya atas sambutan hangat masyarakat Sulawesi Tenggara atas kehadirannya di Kota Kendari.

Pada kesempatan itu, Plt Gubernur juga mengakui adanya ikatan kekeluargaan yang cukup erat antara Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

“Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara adalah Saudara, punya satu kesatuan dalam membangun wilayah di Sulawesi,” ujarnya.

Plt Gubernur juga mengajak masyarakat Sulawesi Tenggara untuk senantiasa melakukan pencegahan terhadap paham-paham radikal yang mengatasnamakan jihad.

Hal itu disampaikan Andi Sudirman terkait beberapa peristiwa terorisme yang terjadi di Indonesia, salah satunya aksi bom bunuh diri di Sulsel beberapa waktu lalu. Menurutnya, sikap itu bukan mencerminkan tindakan dari agama manapun termasuk Islam.

“Kejadian itu bukan mencerminkan daripada agama tertentu, termasuk agama Islam terlepas diri dari kejadian itu. Islam itu kita selalu harapkan kedamaian,” jelasnya.

“Mari kita bersama-sama melakukan pencegahan pemahaman radikalisme yang mengatasnamakan Jihad. Pemahaman ilmu agama yang benar sesuai aqidah, Quran, dan sunnah dan itu sebagai tameng untuk kita membedakan yang haq dan bathil,” lanjutnya.

Di masa pandemi ini, Plt Gubernur Sulsel juga menyampaikan perlunya masyarakat bersama-sama melakukan upaya pencegahan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Apalagi Pemerintah telah mengizinkan pelaksanaan salat berjamaah di masjid.

Dia juga menyampaikan sikap terbuka Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kepada masyarakat Sulawesi Tenggara yang ingin berkunjung ke Sulsel.

Sekadar diketahui, kehadiran Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman ini akan mengikuti agenda Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Regional Sulawesi yang digelar di Kota Kendari pada Senin (19/4/2021).(*)