KM SAR Basarnas Sulsel Bawa ROV Cari KRI Nanggala 402 di Bali – Bonepos.com Best Automated Bot Traffic

KM SAR Basarnas Sulsel Bawa ROV Cari KRI Nanggala 402 di Bali

  • Bagikan
Foto: KM SAR Kamajaya Sulawesi Selatan dikerahkan menuju perairan Banyuwangi. (SYAHRUL/BONEPOS.COM)

BONEPOS.COM, MAKASSAR – KM SAR Kamajaya milik Basarnas Sulawesi Selatan dikerahkan menuju lokasi titik hilangnya kapal selam KRI Nanggala 402 di laut Bali.

KM SAR Kamajaya telah dikerahkan sejak Kamis (22/4/2021) malam pada pukul 20.15 Wita.

“Jadi benar sudah berangkatkan ke perairan Banyuwangi yang diperkirakan posisi hilangnya kapal selam KRI Nanggala 40,” kata Kepala Kantor Basarnas, Djunaidi.

KM SAR Kamajaya dikerahkan setelah mendapat perintah dari Basarnas Nasional.

Selain itu juga membawa alat ROV milik Basarnas yang disebut sangat bisa membantu untuk melakukan pendeteksian di bawah laut.

Baca Juga  Kodim 1411 Bulukumba Kirim Doa untuk 53 Awak KRI 402

Ia menambahkan, untuk efektivitas, penggunaan ROV ini disebut bisa mendeteksi benda bawah laut dengan kedalaman ratusan meter.

“Diberangkatkan dengan fungsi membawa ROV, alat ROV ini adalah alat deteksi benda di kedalaman sampai ratusan meter sehingga alat ini sangat dibutuhkan di perairan yang dimaksud, atau bersama-sama dengan tim SAR yang ada di lapangan yang ada di perairan Banyuwangi,” jelasnya.

Baca Juga  Cerita KKP Mahasiswa Pertanian Unismuh Makassar di Desa Panciro

Setidaknya, jumlah personel yang dikerahkan ini sebanyak 29.

“KM SAR Kamajaya membawa 29 orang dengan rincian 22 Kru ABK, 2 Teknisi, dan 5 rescuer. Rescuer ini melakukan penyelaman ketika dibutuhkan di perairan yang dimaksud,” imbuh Djunaidi.

Djunaidi berharap dengan mengerahkan 29 orang ini dari Basarnas Sulsel dapat membantu melakukan pencarian.

Meski begitu, dirinya mengingatkan seluruh anggota Basarnas dan unsur yang terlibat juga tetap dalam kondisi sehat hingga pada akhirnya nanti ditemukannya kapal selam ini. (*)

Temukan Kami:
  • Bagikan