BONEPOS.COM, BULUKUMBA – Bulupadiddo merupakan salah satu destinasi wisata baru di Butra Panrita Lopi–sebutan Kabupaten Bulukumba.

Kini, target dongkrak perekonomian masyarakat.

Lokasinya berada di Desa Tamatto, Kecamatan Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan.

Tempat wisata ini, akan menjadi lahan untuk mendongkrak kesejahteraan warga sekitar. Melalui program-program yang akan dilakukan oleh Kelompok Dasar Wisata (Pokdarwis) Bulu Padiddo Desa Tamatto, yang baru dikukuhkan, Kamis (22/4/2021) lalu.

Ketua Pokdarwis Bulu Padiddo, Nirsal Alfil mengungkapkan, Pokdarwis merupakan mitra dari pemerintah desa yang bergelut di bidang pariwisata. Kemudian mendapat dukungan penuh dari Dinas Pariwisata.

Setelah dikukuhkan, Nirsal mengaku akan gencar menggenjot seluruh sarana yang ada di Bulupadiddo. Ia berencana akan membuat event tahunan yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba. Kegiatan itu rencananya akan dikemas dalam beberapa item dan berlangsung selama satu munggu.

“Semoga proker ini bisa masuk dalam 100 kalender festival Phinisi Wonderful Indonesia,” ucapnya menggebu saat dikonfirmasi Boneposcom, Minggu (25/4/2021).

Selaku pemuda desa yang turut dilibatkan dalam kerja-kerja pengembangan Desa. Pokdarwis akan berupaya melalui program-programnya menggunakan seluruh potensi SDM terkait pariwisata demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa. Hingga Tamatto mampu menuju desa mandiri.

Menurut pengakuannya, 30 persen dari pemasukan destinasi wisata di Padiddo akan dikeluarkan untuk kebutuhan bakti sosial dibidang pendidikan. Pokdarwis Padiddo akan memfasilitasi anak-anak sekolah yang kurang mampu dalam pemenuhan perlengkapan sekolah.

Selain itu, roda perekonomian di lokasi destinasi wisata Padiddo diharapkan bisa berputar dengan baik dan masif. Agar masyarakat desa Tamatto bisa ikut mendulang manfaat dari keberadaan destinasi wisata ini. Semua pedagang, sampai yang membuka lahan parkir merupakan warga sekitar yang diberdayakan.

Pokdarwis, menjadi kelompok yang bergerak secara profesional dalam memperkenalkan wisata melalui pengembangan kepariwisataan berdasarkan potensi lokal dan kreativitas warganya.

“Sejak awal kami sudah gencar melakukan sosialisasi secara langsung ke masyarakat. Pun, melalui sosial media,” singkatnya.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba Andi Mattampawali AS, mengungkapkan dukungannya. Sekaligus memberi apresiasi semangat kepada Kades Tamatto karena telah merintis destinasi wisata Padiddo.

Menurutnya, Pokdarwis Bulupadiddo dapat menjadi motor penggerak dalam kemajuan pariwisata di desa Tamatto, Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba.

“Mereka akan gencar bekerja mempromosikan Bulupadiddo. Dibantu oleh Generasi Pesona Indonesia (GenPI),” ucapnya. (*)