Mengintip Desa Batetangnga, Desa Bebas Narkoba di Sulbar – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel

Mengintip Desa Batetangnga, Desa Bebas Narkoba di Sulbar

  • Bagikan

BONEPOS.COM, POLMAN – Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Bone, Andi Asman Sulaiman bertindak sebagai Ketua Kelompok 1 Visitasi PKN 2 angkatan VII, Rabu (28/4/2021).

Andi Asman Sulaiman bersama 14 anggotanya ditugaskan untuk menyambangi Desa Batetangnga, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Provinsi Sulawesi Barat.

Rombongan ini diterima langsung Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Haji Januari, bersama Camat dan Sekcam Binuang,
Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat serta para pengelola destinasi wisata pedesaan.

Turut hadir, pendamping dari LAN Makassar kelompok 1, Suyono dan rombongan PKN sebanyak 60-an orang terbagi 4 kelompok dan 2 Kabupaten yakni Polman dan Mamasa. Rombongan ini dipimpin langsung Kepala Pusat Latbang Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar, DR Andi Taufik.

Baca Juga  Kadis Ketapang Kawal Khusus Family Farming, Ini Wejangannya

Diketahui lokasi yang disambangi Kadis Asman dkk ini merupakan salah satu desa yang dinobatkan sebagai desa bersinar. Desa yang bebas dari Narkoba.

Adapun maksud dan tujuan dari visitasi ini, kata Kadis Asman adalah untuk meneropong potensi desa, baik berupa potensi wisata alam, sosial budaya, ekonomi, dan adat istiadat masyarakat setempat.

Desa Batetangnga adalah desa yang terletak di kaki bukit, dan memiliki sungai jernih yang diberi nama sungai Batetangnga. Dengan luas wilayah 4350,00 Hektare, dan jumlah penduduk kurang lebih 5.273 jiwa dan 1.288 kepala keluarga.

Baca Juga  Monev Banper di Desa Arasoe, Begini Reaksi Kadis Ketapang Bone

“Desa ini memiliki potensi yang sangat luar biasa, berupa beberapa lokasi wisata Alam yang sangat indah baik yang alami maupun buatan. Ada objek wisata alam yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar, selain tentunya memiliki sungai, air terjun, hamparan sawah dan pemandangan pegunungan yang menyejukkan mata,” papar Kadis Asman, Rabu (28/4/2021).

Di samping wisata alam, kata Kadis Asman, Desa Batetangnga juga dikenal sebagai penghasil buah-buahan yang sangat kesohor yakni durian kanang, langsat, dan rambutan.

“Dan yang pasti desa ini juga memiliki adat budaya yang masih tetap terpelihara hingga kini,” tandasnya. (*)

  • Bagikan