Penyaluran DAK Fisik dan DD Lingkup KPPN Watampone, Berikut Rinciannya – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel

Penyaluran DAK Fisik dan DD Lingkup KPPN Watampone, Berikut Rinciannya

  • Bagikan
Foto: Kepala KPPN Watampone, Rintok Juhirman.

BONEPOS.COM, BONE – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Watampone, Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan, kembali menyalurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa (DD). Nilainya mencapai Rp6,81 M, hingga Kamis (29/4/2021).

DAK Fisik dan DD yang disalurkan tersebut untuk Kabupaten Bone, Soppeng, dan Wajo (Bosowa).

Berdasarkan data Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OM SPAN), telah tersalur DAK Fisik sebesar Rp5,88 miliar dan DD sebesar Rp927,60 juta.

Kepala KPPN Watampone, Rintok Juhirman mengapresiasi Pemerintah Daerah di lingkup Bosowa, meliputi DPMD, BPKAD, Desa, dan OPD yang telah berupaya sehingga dapat tersalurkan DAK Fisik dan DD tersebut.

Baca Juga  Ini Nama-nama Warga Bone Pulang Dari Wamena, Kadis Promal Terjun Menjemput

“Sampai dengan saat ini, DAK Fisik Kabupaten Wajo tersalur sebesar Rp8,72 miliar atau 4,90 persen dari pagu sebesar Rp177,84 miliar dan Kabupaten Soppeng sebesar Rp3,82 miliar atau 2,21 persen dari total pagu sebesar Rp173,20 miliar,” jelas Rintok.

Sementara itu, Kabupaten Bone telah tersalurkan DAK Fisik sebesar Rp1,82 miliar atau 1,00 persen dari pagu sebesar Rp182,41 miliar.

Untuk Dana Desa, kata Rintok, Kabupaten Bone total realisasi sebesar Rp107,44 miliar atau 32,19 persen dari total pagu sebesar Rp333,78 miliar. Kabupaten Soppeng realisasi DD sebesar Rp18,77 miliar atau 35,57 persen dari total pagu sebesar Rp52,79 miliar dan seluruh desa telah tersalurkan DD tahap I.

Baca Juga  Pejabat Polres Bone Silang Pendapat Soal Oknum Polisi Kasus Narkoba, Ada Apa Ya?

Adapun, Kabupaten Wajo realisasi DD sebesar Rp25,37 miliar atau 20,87 persen dari total pagu sebesar Rp121,55 miliar.
Makanya, KPPN Watampone terus memacu Pemda di Bosowa agar dapat melakukan percepatan penyaluran DAK Fisik dan DD.

“Hal ini dalam rangka memberikan dukungan pendanaan dalam penanganan dan mengurangi dampak pandemi Covid-19 serta mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional,” tuturnya.

Dengan demikian DAK Fisik dan DD bisa lebih cepat bermanfaat bagi masyarakat. Terutama BLT Desa akan sangat bermanfaat bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menjelang Lebaran. (*)

  • Bagikan