BONEPOS.COM, MAKASSAR – Setiap 2 Mei, diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Bukan sekadar momentum seremonial belaka.

Rektor Universitas Indonesia Timur (UIT), Dr. Andi Maryam, S.ST., S.KM., M.Kes mengemukakan, Hardiknas adalah momentum bersejarah. Sarat akan makna, inspirasi, dan motivasi dalam memajukan pendidikan nasional.

“Melalui pengembangan SDM dan Perguruan tinggi memainkan peran yang sangat vital dan strategis, karena PT (perguruan tinggi, red) mempunyai kewajiban untuk melakukan riset pengembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi demi kesejahteraan umat manusia,” jelas Dr. Andi Maryam, kepada Boneposcom, Minggu (2/5/2021).

Sebagai nakhoda UIT, Dr. Andi Maryam, memiliki asa di Hari Pendidikan Nasional tahun 2021.

“Terkhusus untuk UIT, mampu menciptakan atmosfer keilmuan yang lebih dinamis dan kondusif sebagai implementasi Tridharma perguruan tinggi,” ungkapnya.

Lanjut, Dr. Andi Maryam, jadi Dosen bukan hanya mempunyai kewajiban mengajar tapi juga harus melakukan publikasi ilmiah sebagai output melalui penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Sehingga bisa menjadi cermin evaluasi diri dalam meningkatkan kinerja perguruan tinggi, peringkat, dan klaster universitas bisa lebih meningkat lagi,” kuncinya. (*)