Mau Rumah Bercahaya dan Lebih Damai, Begini Caranya – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel

Mau Rumah Bercahaya dan Lebih Damai, Begini Caranya

  • Bagikan

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Kajian Ramadan Virtual Jelang Zuhur Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Karakter dan Dakwah UMI berlangsung secara virtual via zoom, Selasa (4/5/2021) dengan Narasumber Ustaz Bambang Sampurno.

Hadir Ketua UPT PKD UMI Dr.M.Ishaq Shamad, para Kabid UPT PKD UMI, staf/karyawan sejumlah mahasiswa UMI, dipandu Syarifah Hafsah.

Syarifah Hafsah sebagai pengantar mengatakan, ada tiga cara berinteraksi dengan Alquran, yaitu dengan membaca Alquran, tilawah membaca untuk memahami isinya, dan mengamalkan Alquran merupakan puncak kemuliaan seseorang yang mampu mengamalkannya.

Ustaz Bambang menjelaskan, pahala membaca Alquran akan bertambah jika kita mampu membaca sebanyak-banyaknya. Dimana dalam sebuah Hadist yang menerangkan jika seseorang membaca 1 huruf Alquran maka akan mendapatkan 1 kebaikan, dan 1 kebaikan tersebut akan berlipat menjadi 10 kebaikan lagi.

Baca Juga  Efektivitas dan Dampak dari Instrumen Bauran Kebijakan Moneter di Jurang Resesi

Adapun keutamaan membaca Alquran, antara lain; pahala yang berlipat ganda, dengan membaca Alquran akan menjadi obat dari penyakit hati dan penyakit fisik, membaca Alquran dalam rumah akan membuat rumah bercahaya dan lebih damai, serta membaca Alquran akan menjadi perisai yang melindungi dari setan.

Ada 2 waktu pilihan dalam membaca Alquran; dalam salat, yakni memperpanjang durasi membaca Alquran dalam salat lebih baik dan utama daripada memperpanjang durasi sujud dan rukun-rukun salat lainnya.

Selain itu, juga di luar salat, seperti membaca Alquran dan memanfaatkan malam-malam kita untuk beribadah kepada Allah akan meningkatkan derajat kita dan menjadi safaat kita di yaumul akhir.

Baca Juga  Jangan Karena Virus Corona Jadwal Donor Darah Dilupakan

Selanjutnya, Ustaz Syahrul menjelaskan secara Psikologi di dalam penelitian menyebutkan bahwa hampir 80 persen kesembuhan seseorang berasal dari kekuatan zikir dan dukungan keluarga.

Dr. Ishaq Shamad menambahkan, bukan hanya sekadar membaca Alquran tapi mari kita juga memahami artinya. Seperti contoh Imam masjid di Mekkah setiap memimpin salat terlihat menangis ketika membaca bacaan Alquran dalam salat, karena Ia tahu arti setiap bacaan yang dilantunkan.

Syarifah Hafsah menambahkan, ada sebuah hadist yang menyatakan barang siapa yang membaca Alquran di rumah-rumah mereka maka penduduk langit melihatnya seperti bintang-bintang, sebagaimana penduduk bumi melihat bintang-bintang di langit. (*)

  • Bagikan