Strategi Andi Utta Kendalikan Banjir di Bulukumba Mulai Terasa – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel

Strategi Andi Utta Kendalikan Banjir di Bulukumba Mulai Terasa

  • Bagikan

BONEPOS.COM, BULUKUMBA – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba, Andi Akrim Amir menganggap program bupati dalam pengendalian banjir, berhasil mencegah munculnya genangan air.

Menurut Akrim, sapaannya, biasanya di Bulukumba jika terjadi hujan lebat dengan durasi waktu yang lama, air akan tampak meluap di beberapa titik yang telah menjadi langganan banjir tiap tahunnya.

Namun kali ini, genangan itu tidak terjadi. Padahal kata dia, sejak Rabu dini hari (5/5/2021) curah hujan yang turun cukup lebat dengan durasi waktu yang lama. Diikuti dengan petir yang menyambar-nyambar. Itu juga berdasar dari ramalan cuaca dari BMKG.

Baca Juga  Banjir dan Longsor Terjang Lebak, Satu Warga Tewas

“Tahun sebelumnya jika terjadi hujan lebat seperti ini, sudah terjadi luapan air dibeberapa titik yang memang jadi langganan tiap tahun,” jelas Akrim saat dikonfirmasi Boneposcom.

Dua titik itu ada di Jalan. Nangka dan Jalan Jambu Kelurahan Loka, kecamatan Ujung Bulu. Selain itu, titik lain yg biasanya juga ikut tergenang ketika turun hujan, ada di perempatan Alun-alun Kota Bulukumba. Tapi kali ini titik itu juga tidak ada lagi genangan air.

Hal ini tak terlepas dari kerja nyata para tim pengendali banjir yang telah dengan sukarela menjalankan tugas sejak awal Maret lalu, dan masih berlanjut hingga saat ini.

Baca Juga  Sinjai Waspada Banjir, Bangun Embung Rp30 Miliar

Meski begitu, lebih lanjut Akrim mengatakan pihaknya tetap menyiapkan personel untuk tetap siaga dalam tanggal bencana yang sewaktu-waktu terjais. Ini sudah menjadi SOP dari BPBD yang harus selalu siap setiap waktu untuk menghadapi situasi kedaruratan. Mempersiapkan peralatan hingga logistik.

“Kami akan selalu update informasi dari BMKG. Namun secara umum, musim hujan tahun ini memang dimulai bulan Mei dan puncakynya berakhir di awal Juni,” bebernya. (*)

  • Bagikan