Beban Berat? Mari Belajar Syukur dari Tunawisma dan Selimut Tidur – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel Best Automated Bot Traffic

Beban Berat? Mari Belajar Syukur dari Tunawisma dan Selimut Tidur

  • Bagikan
Foto: ilustrasi (© Ny1.com)

BONEPOS.COM, BONE – Seberat apapun beban, akan terasa ringan bila dipikul bersama. Bersama-sama memikirkan dan mencari solusinya.

Masalah kemanusiaan, bukan hanya melanda negara kita. Bahkan di salah satu negara maju pun yang pernah kami kunjungi, saya melihat dengan mata sendiri.

Suatu ketika, di malam hari. Kami beberapa orang peserta tur se Indonesia keluar untuk jalan-jalan ke supermarket. Untuk melihat bagaimana majunya proses jual beli mereka.

Di perjalanan kembali, saya melihat tunawisma yang tidur di emperan toko yang telah tutup. Kami memang pulang agak larut waktu itu. Akan tetapi, saya melihat beberapa tunawisma itu tidur pulas, walaupun hanya beralas selimut yang cukup tebal.

Tunawisma itu bukan orang Asia. Tapi saya melihatnya bule.

Untuk itulah, masalah kemanusiaan sebaiknya menjadi pekerjaan rumah (PR) bersama. Menjadi tanggung jawab kita. Masalah kemanusiaan tidak cukup hanya dengan memberinya uang sekian atau sembako. Itu hanya bertahan beberapa hari.

Baca Juga  Kita Merdeka, Benarkah?

Masalah mereka bisa dilihat dari banyak sisi. Sumber masalahnya di mana, lalu apa solusinya.

Kami sebagai pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) hanya bisa terus berharap tak boleh ada kata putus asa di kamus kami untuk terus mengajak siapapun tunaikan zakat bila memang telah masuk nishab atau tunaikan infak bila belum masuk nishab. Berapapun itu, sangat berarti buat kami.

Ada beberapa pilihan cara berzakat/infak di Baznas;

1. Layanan jemput zakat. Bila memungkinkan kami menjemputnya. Wilayah masih seputaran kota. Sebab staf pengumpulan kami masih 2 orang.

2. Transfer langsung setiap bulan ke rekening zakat Baznas. Semoga bisa selalu mengingat langsung transfer di setiap menerima penghasilan. Bisa meminta kami untuk mengingatkan.

3. Bendahara instansi diminta memotong langsung setiap bulan dengan jumlah yang telah ditentukan sebelumnya. Dan pihak Baznas yang berurusan dengan bendahara. Apakah mengantar langsung ke Baznas setiap bulan ataukah kami yang jemput.

Baca Juga  Tetap Beradat di Hari Jadi Bone ke 690 Tahun

4. Pay Roll. Sistem potong gaji langsung setiap bulan dengan tanda tangan form kesediaan bayar zakat sejumlah tertentu melalui rekening bank di mana gaji masuk setiap bulan. Seperti di instansi-instansi Pemda, Polres. Bisa juga perorangan sistem pay roll bila instansinya belum memberi ruang kepada Baznas.

Berapa besarannya? 2,5 persen dari seluruh penghasilan (gaji pokok, tunjangan, sertifikasi, bonus, dan lain sebagainya).

Demikian catatan malam penulis. Semoga bermanfaat buat kita semua. Bila ada kata yang salah, mohon dimaafkan.

Terakhir, kepada seluruh muzakki/munfiq, Kami doakan semoga Allah SWT memberikan pahala atas apa yang Anda keluarkan dan menjadikan harta yang telah dikeluarkan tersebut sebagai pembersih bagi Anda, dan semoga Allah memberkahi harta Anda yang masih tersisa. (*)

  • Bagikan