Plt Gubernur Ingatkan Muslim di Sulsel Salurkan Zakat, Berikut Perhitungan Zakatnya – Bonepos.com Best Automated Bot Traffic

Plt Gubernur Ingatkan Muslim di Sulsel Salurkan Zakat, Berikut Perhitungan Zakatnya

  • Bagikan

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, mengimbau kepada seluruh umat Muslim khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk melengkapi ibadah puasa dengan membayar zakat di akhir Ramadan.

Imbauan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Gubernur Sulawesi Selatan untuk seluruh Bupati/Wali Kota dengan Nomor: 452.12/4630/B.KESRA tentang Pelaksanaan Pengumpulan dan Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah 1442 H/2021 M Provinsi Sulawesi Selatan tertanggal 7 Mei 2021.

“Mendekati akhir-akhir Ramadan bagi yang melaksanakan ibadah puasa adalah waktu yang tepat untuk juga melaksanakan kewajiban lainnya dengan jalan berzakat di bulan keberkahan,” ungkapnya.

Sehubungan dengan pengumpulan dan penyaluran zakat, Plt Gubernur mengharapkan masyarakat melakukan penyaluran dan pengumpulan zakat melalui lembaga resmi. Misalnya di Baznas Provinsi, Baznas Kabupaten/Kota ataupun pada Lembaga Amil Zakat dan Masjid, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Baca Juga  Pemprov - DPRD Sulsel DPRD Sepakati Rancangan KUA-PPAS, Berikut Catatan Pentingnya

“Pastikan zakat kita (zakat maal, fitrah) terbayarkan dan jadikan bulan ini sebagai momentum perhitungan 1 tahun Hijriah kita sekaligus meraih pahala disisi-Nya, Aamiin,” tuturnya.

Plt Gubernur juga menyampaikan untuk masyarakat yang sementara dalam kondisi sakit dan termasuk dalam penerima zakat (Mustahik), keluarganya dapat menghubungi Baznas Provinsi Sulsel dengan kontak person 081342202635, MUI, dan Baznas Kabupaten/Kota setempat.

Adapun perhitungan zakat menurut jenis dan kadarnya :
– Zakat Fitrah: 3,5 liter beras/orang.
– Zakat harta kekayaan: 2,5 persen dari jumlah harta yang tersimpan selama 1 tahun hijriah.
– Zakat Emas dan Perak: Nisab emas 85 gram dan perak 595 gram. Zakat yang harus dibayarkan sebesar 2,5 persen.
– Zakat Pertanian dan Perkebunan: Nizab zakatnya 5 wasak/653 kg. Zakat yang harus dibayarkan 5 persen dari hasil panen jika menggunakan irigasi (dibiayai) dan 10 persen jika dengan perairan alami (tidak dibiayai).
– Zakat Perdagangan: Nizab zakatnya senilai 85 gram. Zakat yang harus dibayarkan 2,5 persen pertahun.
– Zakat Binatang Ternak:
1. Kambing nisabnya 40 sampai dengan 119 ekor l, zakatnya 1 ekor kambing.
2. Sapi atau Kerbau 30 sampai dengan 39 ekor, zakatnya 1 ekor sapi. (*)

Baca Juga  Ungkapan Khusus Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan untuk Plt Gubernur Sulsel
Temukan Kami:
  • Bagikan