BONEPOS.COM, MAKASSAR – Hari ke 30 Pesantren Ramadan Virtual UMI diisi dengan topik, “Pendidikan Karakter” oleh Dr.KH. M.Zain Irwanto, S, MA (Wakil Rektor IV UMI) dan Penutupan Pesantren Ramadhan Virtual UMI oleh Prof.Dr.Ir.H.Hattah Fattah, MS (Wakil Rektor V UMI).

Turut hadir Wakil Dekan I FK UMI Dr.dr. Nasruddin A.Mappawere, Psikolog Syahrul, M.Psi, sejumlah Kabid dan KTU UPT PKD, dosen dan mahasiswa UMI, dipandu Host Dr.M.Ishaq Shamad dan Dr.Nurjannah Abna.

Dr.KH.M.Zain Irwanto menjelaskan, pentingnya pendidikan karakter dalam mewujudkan visi dan misi UMI, yakni berilmu amaliah, beramal ilmiah dan berakhlaqul kariymah.

Selain itu, UMI telah mengembangan 16 karakter yang diajarkan dan dipraktikkan pada pencerahan Qalbu UMI, baik luring maupun virtual.

“Pesantren Virtual UMI sebagai wadah untuk silaturrahmi ilmu, amal, dan akhlaqul kariymah,” jelasnya.

Sementara itu, Prof. Dr.Ir. Hattah Fattah menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada semua pihak, sehingga acara Pesantren Ramadan Virtual UMI selama 30 hari berjalan lancar dan sebagai wadah untuk menyampaikan bahwa UMI bukan hanya Lembaga Pendidikan, tetapi juga sebagai Lembaga dakwah. Sekali lagi terima kasih kepada para narasumber, host dan semua peserta, atas keikutsertaannya sehingga acara ini sukses. Insya Allah ke depan, akan dievaluasi dan dilahirkan berbagai acara/kegiatan yang lebih inovatif dalam mendukung kemajuan UMI,” paparnya.

Dr.dr. Nasruddin A.Mappawere menyampaikan ungkapan terima kasih yang tak terhingga atas dilibatkannya dalam kegiatan pesantren Ramadan virtual ini, baik sebagai narasumber maupun sebagai peserta. Ia bahkan sangat bersyukur kepada Allah Swt, atas kesempatan kuliah dan mengabdi di UMI yang mengedepankan akhlaqul kariymah dengan Pesantrennya. Ia tidak bisa membayangkan, seandainya bukan di UMI ia kuliah, tidak tahu akan ilmunya, apakah bisa lebih dekat dengan Allah Swt.

Oleh karena itu, dengan eksistensinya di UMI, ia sangat terharu diberi kesempatan berdakwah, baik di acara formal, maupun di tempat praktik, sehingga misi dakwah Islam tersebut dapat dilaksanakan dengan baik.

Psikolog Syahrul, M.Psi juga menjabarkan 16 karakter yang dijelaskan Wakil Rektor IV UMI, sebagai bagian dari upaya UMI memberikan Pendidikan karakter melalui pencerahan qalbu kepada mahasiswa UMI. Tentu hal ini menjadi sangat bermanfaat, bukan hanya bagi mahasiswa di Padanglampe, tetapi juga bagi seluruh sivitas akademika UMI dan umat.

Demikian pula Kabid Tahfiz, Ahmad, M.Pd.I mengapresiasi kegiatan ini, dan ia senantiasa melihat kitab asli dari Hadist atau penjelasan ulama dalam melihat dan mendiskusikan topik yang dibahas di dalam pesantren Ramadan virtual ini.

Host Dr.M.Ishaq Shamad juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh narasumber, terutama partisipan yang senantiasa hadir untuk sharing dan diskusi tentang berbagai hal, sehingga menambah khazanah keilmuan keislaman kita untuk juga dishare kepada umat, baik melalui ceramah, maupun melalui berbagai media online lainnya.

Demikian pula Host Dr.Nurjannah Abna menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada semuanya serta insya Allah dalam waktu dekat bisa berkumpul untuk membicarakan tindak lanjut dari kegiatan ini. (*)