Banjir Masih Menggenangi Tiga Desa, Ini Daftar Dampaknya – Bonepos.com Best Automated Bot Traffic

Banjir Masih Menggenangi Tiga Desa, Ini Daftar Dampaknya

  • Bagikan

BONEPOS.COM, JAKARTA – Banjir yang terjadi di Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, masih menggenang hingga Jumat (21/5/2021).

Menurut laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Selatan, banjir yang terjadi pada Rabu (12/5/2021) lalu dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi dan menyebabkan meluapnya air Sungai Gelombang.

Banjir merendam sejumlah titik di Kecamatan Trumon Tengah, yaitu Gampong Lhok Raya, Gampong Cot Bayu, dan Gampong Padang Harapan. Akibatnya, 93 kk atau 392 jiwa terdampak dengan rincian 45 kk/195 Jiwa di Gampong Lhok Raya, 17 kk/57 jiwa di Gampong Cot Bayu, dan 31 kk/140 jiwa di Gampong Padang Harapan.

Baca Juga  Begini Garansi Kemendagri Sukseskan Pilkada Serentak 2020

Sementara itu, 11 jiwa diantaranya dilaporkan harus mengungsi di Posko Batalyon C.

Pusdalops BPBD Kabupaten Aceh Selatan mencatat 93 unit rumah terendam banjir. Selain itu, fasilitas umum, sawah masyarakat, tanaman masyarakat, dan jalan antar desa juga ikut terendam banjir. Tinggi Permukaan Air (TMA) saat kejadian dilaporkan 20-60 sentimeter.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Aceh Selatan mengatakan telah menugaskan Satgas PB BPBD untuk melakukan kaji cepat dan penanganan awal pascabanjir.

Baca Juga  Penting! Dokumen Kependudukan Jangan Difotokopi, Begini Potensi Bahayanya

Tidak hanya itu, BPBD juga telah berkoordinasi dengan Muspika setempat untuk melakukan evakuasi warga yang mengungsi ke Posko Batalyon C Pelopor/Brimob di Gampong Lhok Raya.

Berdasarkan laporan hingga Jumat (21/5/2021) pukul 13.55 WIB, kondisi air justru meningkat di Gampong Cot Bayu dan Gampong Padang Harapan. Sementara di Gampong Lhok Raya, kondisi air berangsur-ansur surut.

Temukan Kami:
  • Bagikan