Sokong Balai Besar KIPM Makassar, Bank Mandiri Siapkan Permodalan Pengusaha Perikanan – Bonepos.com Best Automated Bot Traffic

Sokong Balai Besar KIPM Makassar, Bank Mandiri Siapkan Permodalan Pengusaha Perikanan

  • Bagikan

BONEPOS.COM, TAKALAR – Bulan Mutu Karantina tahun 2021 menjadi salah satu agenda rutin Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Gelaran ini bertujuan untuk mensosialisasikan peran strategis perkarantinaan dan keamanan hayati ikan, serta pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan.

Bukan hanya itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat membangkitkan dan menggerakan kesadaran masyarakat dan stakeholder akan pentingnya karantina dan keamanan hayati ikan, serta pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan, serta memberikan apresiasi atas peran serta masyarakat, stakeholders dan instansi terkait dalam rangka menjaga kedaulatan, keberlanjutan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan.

Berbagai kegiatan dihelat untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat.

Nah, pada akhir pekan, Sabtu (29/5/2021), bertempat di Pantai Beba, Desa Tamasaju, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan digelar BKIPM Peduli Lingkungan yang terdiri dari kegiatan Apel Siaga, Bersih Pantai, Sosialisasi Ikan Sehat Bermutu, dan Restocking Benih Ikan Kakap Putih.

Baca Juga  Jaga Kepercayaan, Bank Mandiri "Kawal" Khusus Penyaluran Bantuan Atensi

Gelaran ini menggandeng berbagai instansi pemerintah, TNI/Polri, instansi swasta, LSM, pelaku usaha, dan masyarakat Kabupaten Takalar.

Aksi ini juga turut didukung PT. Bank Mandiri Tbk yang menyediakan akses permodalan bagi pelaku usaha bidang perikanan.

Kegiatan diawali dengan Apel Siaga dipimpin oleh Kepala Balai Besar KIPM Makassar. Dalam arahannya Sitti Chadidjah menyebutkan bahwa kegiatan ini sebagai kepedulian kita terhadap masyarakat dan lingkungan khususnya laut yang menyediakan protein hewani asal ikan untuk masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan dengan bersih pantai sepanjang 500 meter oleh kurang lebih 200 peserta dari berbagai instansi dan pelaku usaha serta masyarakat.

Selain itu sebanyak 2 ribu ekor benih kakap putih juga ditebar di perairan laut beba untuk menambah populasi ikan kakap putih yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh nelayan. Benih kakap putih ini merupakan hasil produksi benih dari Balai Budidaya Air Laut Takalar yang turut berpartisipasi aktif pada kegiatan ini. Penebaran benih dilakukan oleh Kepala Balai Besar KIPM Makassar dan Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Makassar pada jarak 653 meter ke tengah laut menggunakan fasilitas kapal dari Satuan Pengawasan Sumberdaya Kelatuan dan Perikanan Takalar.

Baca Juga  Remaja Asal Takalar Juara I MTQ Internasional di Mesir, Ini Sosoknya

Untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya ikan sehat dan bermutu digelar Sosialisasi Ikan Sehat Bermutu di Pelabuhan Perikanan Beba sebagai tambahan pengetahuan kepada masyarakat mengenai cara memilih ikan sehat dan bermutu.

Semoga kegiatan ini memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat dan lingkungan sekitar Pelabuhan Perikanan Beba. (*)

Temukan Kami:
  • Bagikan